1.000 Botol Plastik Disulap Jadi Perahu Keren, Hasil Karya Petugas ini Bikin Melongo!

Inovasi petugas unit penanganan sampah botol plastik bekas di sulap jadi perahu
Sumber :
  • Antara

VIVA – Sejumlah Petugas Unit Penanganan Sampah (UPS), Badan Air Kecamatan Duren Sawit memanfaatkan sampah botol plastik bekas menjadi perahu di aliran kali Kanal Banjir Timur (KBT).

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Kreasi pembuatan perahu unik ini, dengan menggunakan 1.000 botol plastik bekas yang didapatkan dari sampah kawasan Duren Sawit.

Inovasi yang dilakukan petugas Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Duren Sawit, dengan ide kreatif yang memanfaatkan sampah botol plastik bekas menjadi perahu bermotor pun dapat diapresiasi.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Inovasi petugas unit penanganan sampah botol plastik bekas di sulap jadi perahu

Photo :
  • Antara

Menurut keterangan Indra Sianturi, selaku petugas Badan Air Kecamatan Duren Sawit, menjelaskan bahwa proses pembuatan perahu tersebut membutuhkan waktu selama 2 pekan.

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

Ribuan botol bekas air mineral dikumpulkan dari berbagai macam ukuran, mulai dari botol ukuran terkecil, 600 mililiter, botol 1,5 liter dan bahkan mengumpulkan galon yang berukuran 19 liter untuk dipakai di bagian dasar perahu tersebut.

Indra juga menjelaskan, bahwa pembuatan perahu botol plastik tersebut dilakukan disela-sela tugas kerja utama mereka. Tentunya setelah membersihkan sampah di sekitar aliran Kanal Banjir Timur (KBT).

Setelah sukses menciptakan dua perahu plastik, dengan kapasitas muatan maksimal 6 orang dan dalam satu perahu ini membutuhkan sebanyak 1.000 botol plastik bekas. Petugas UPS tersebut akan merencanakan kembali perahu ketiga. Rencananya perahu ketiga ini akan dirancang secara otodidak dan menggunakan perhitungan keseimbangan perahu serta untuk penyempurnaan dari perahu sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya