Cerita Sultan HB X Pernah Didesak Poligami karena Tak Punya Anak Laki-laki, Netizen: The Real King!

Sri Sultan HB X.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVA.

VIVA Nasional – Sri Sultan Hamengku Buwono X seperti kebanyakan pria pada umumnya yang tak menolak jika memiliki atau bahkan bisa mencintai lebih dari satu orang wanita. Namun sayangnya, Raja Yogyakarta satu ini tidak ingin melakukannya, lantaran mengaku tak mampu membagikan hatinya kepada banyak wanita.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Pengakuan tersebut diunggah kembali melalui akun Instagram @aslifakta baru-baru ini. Sebelumnya, pada saat itu pengakuan ini pernah ia ungkapkan di sela-sela melakukan rapat Komisi II DPR RI saat membahas RUU Keistimewaan DIY di Gedung DPRT RI Jalan Gatot Subroto, Jakarta Kamis 5 Februari 2009 silam.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Pernyataan Sultan mulanya terjadi karena ada salah seorang anggota DPR RI saat rapat, yakni Tengku Mahmud Yus yang menilai bahwa sang Sultan layak untuk bisa memiliki dua wanita sekaligus.

Dituding Nikahi Sukhdev Singh karena Uang, Bunga Zainal Beri Jawaban Menohok

"Seharusnya Sultan memiliki istri lebih dari satu, karena hingga saat ini Sultan belum punya anak laki-laki yang menggantikan. Kesultanan harus dipimpin laki-laki bukan perempuan," celetuk Tengku Mahmud di tengah sela-sela rapat berlangsung.

Mendapati pertanyaan tersebut, sontak membuat Sri Sultan HB X jadi tersenyum dan sembari menjelaskan mengapa ia enggan untuk berpoligami.  Hal ini, tak terlepas dari kenyataan bahwa sampai saat ini ia masih belum memiliki seorang anak laki-laki.

Sri Sultan Hamengkubuwono X pernah didesak oleh orang terdekat untuk melakukan poligami, namun beliau menolak dengan alasan yang menyentuh hati,” ujar narator kanal YouTube Millenialzkece dikutip VIVA.co.id pada Selasa, 6 Maret 2024.

"Sebagai laki-laki keinginan itu pasti ada, tapi saya khawatir tidak mampu memberi kenyamanan dan keadilan kalau punya istri lebih dari satu," terang Sultan, hal yang sama seperti yang dibagikan ulang oleh akun dikutip Instagram @aslifakta.

"Kalau fisik mungkin bisa, tapi kalau hati saya tidak bisa. Makanya saya tidak mau," katanya lebih lanjut.

Seperti diketahui, perkawinan Sultan dengan sang istri Hemas dikaruniai 5 puteri. Kerap kali gubernur DIY ini disarankan untuk menikah lagi agar mempunyai keturunan laki-laki, namun sayangnya sang Raja justru selalu menolak. 

Reaksi Warganet

Pengakuan Sri Sultan tersebut sontak menyita perhatian publik di media sosial. 

"The real king," tulis warganet.

"Keturunan laki atau perempuan ditentukan oleh suami, bukan istri," tulis lainnya.

"Tuh yang sultan aja setia," kata lainnya.

"Sebenarnya penentu jenis kelamin anak itu dari laki-laki atau perempuan?" timpal lain.

"Sebenarnya peran perempuan juga sangat besar dalam perihal kepemimpinan namun jika kita berbicara tentang sebuah kepemimpinan ada yg dimiliki oleh laki-laki yg tidak dimiliki oleh perempuan," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya