Tugas Polisi Sekat Pemudik Tak Mudah, Perilaku Memaki Disayangkan

Ilustrasi penyekatan mudik Lebaran 2021
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) mengapresiasi kerja keras personel Polri dalam meminimalisasi risiko penularan COVID-19 dengan melakukan penyekatan di sejumlah titik saat arus mudik dan balik Lebaran. Mereka pun memberikan bingkisan kepada anggota yang bertugas.

DPR Minta Kasus TPPU Panji Gumilang Segera Diusut Tuntas

"Ini apresiasi dari PB SEMMI sebagai bagian dari masyarakat di 100 hari kerja Kapolri atas kinerja bapak-bapak polisi di titik penyekatan pemudik," ujar Ketua Umum PB SEMMI, Bintang Wahyu Saputra dikutip Minggu, 23 Mei 2021.

"Bapak-Bapak polisi ini rela tidak berkumpul dengan keluarga di hari-hari menjelang hari raya bahkan di hari raya Idulfitri. Memang sudah menjadi kewajiban dan tugas kepolisian, tapi polisi, kan, juga manusia," katanya.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

Bintang mengatakan, Polri pantas diapresiasi dalam bertugas, terutama penyekatan pemudik, karena ini berat. "Korps Bhayangkara" harus meminta pemudik untuk putar balik kembali ke tempat semula.

"Melayani dan menjelaskan dengan baik masyarakat yang diputar balik di titik penyekatan ini tidak mudah karena harus dilakukan dengan baik, karena bagian dari tugas pelayanan. Polisi harus sabar menghadapi reaksi masyarakat yang beragam," tuturnya.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

"Ada pemudik yang mengerti penjelasan polisi dan mau memutar balik. Namun, tidak sedikit pemudik yang emosional mendengar penjelasan polisi sampai berkata kasar, mengumpat petugas," imbuh dia.

PB SEMMI pun menyayangkan oknum pemudik yang tak menerima penjelasan polisi dan justru balik memaki-maki petugas. Padahal, yang dilakukan menegakkan aturan sekaligus melindungi masyarakat dari bahaya penularan COVID-19 di kampung halaman.

"Terima kasih Pak polisi sudah bersabar menghadapi pemudik yang bandel. Ini bagian dari visi Polri yang Presisi," jelasnya.

"Meski Lebaran sudah kita lewati bersama, tugas Bapak-Bapak polisi ini belum selesai. Mereka harus memastikan arus balik berjalan lancar, aman, minim kecelakaan lalu lintas. Selain itu, yang terpenting, memastikan pemudik yang balik ke Jakarta tidak membawa virus COVID-19," katanya.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran, Polri: 397.892 Kendaraan Diputarbalikkan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya