Rusun Nagrak Jadi Tempat Isoman, Kapolri Minta Tambah Tenaga Kesehatan

Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau langsung rumah susun (rusun) Nagrak, di Cilincing, Jakarta Utara, Selasa, 22 Juni 2021.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Rusun Nagrak rencananya bakal dijadikan lokasi isolasi mandiri (isoman) terpusat atau terpadu bagi masyarakat yang terpapar COVID-19. Hal itu untuk mengurangi beban dari kapasitas di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Sigit, peran petugas kesehatan sangat penting untuk melakukan pemilahan terhadap masyarakat yang terpapar virus corona dalam kategori tidak dan bergejala. Maka dari itu, jumlah tenaga kesehatan harus ditambah di Rusun Nagrak ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Perlu penambahan 10 dokter dan 50 perawat, serta sarana untuk masyarakat melakukan isolasi mandiri seperti velbed dan lain-lain sudah terpenuhi," kata Sigit.

Di samping itu, Sigit mengatakan peran para Babinsa, Babinkamtibmas, Puskesmas setempat dan petugas kelurahan juga penting. Terutama, dalam pelaksanaan PPKM Mikro di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Harapannya perlu ada pendampingan oleh petugas Babinsa dan Babinkabtimas, Puskesmas dan petugas kelurahan," ujarnya.

Selain itu, Sigit menambahkan PPKM Mikro juga harus diawasi secara ketat di wilayah Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Terutama, kata dia, masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran 2021.

"Kelurahan Gandaria termasuk yang angka positif mengalami kenaikan setelah balik dari mudik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya