Ridwan Kamil: Pemprov Subsidi Biaya Hotel Tempat Isolasi COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendorong Pemerintah Daerah menyediakan hotel untuk tempat isolasi pasien COVID-19 yang akan sembuh setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Detik-detik Pembunuh Keluar Hotel Bawa Jasad Wanita dalam Koper yang Ditemukan di Cikarang

Menurutnya, penyediaan hotel diperlukan untuk menghilangkan situasi penumpukan pasien COVID-19 di rumah sakit. Dengan begitu, pasien COVID-19 bergejala berat sampai kritis bisa mendapatkan penanganan dan perawatan di rumah sakit rujukan.

"Mendorong daerah-daerah untuk segera menggunakan hotel-hotel. Nanti biaya bisa disubsidi dari Pemerintah Provinsi. Hotel ini saya harapkan untuk menjadi tempat isolasi pasien di rumah sakit yang mau sembuh," ujar Ridwan Kamil di sela meninjau RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, Kamis 24 Juni 2021.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Baca juga: 103 Orang di Cikarang Makmur Positif COVID-19 usai Tes Massal

Menurutnya, tak dipungkiri munculnya kasus orang yang terpapar COVID-19 meninggal dunia karena keterlambatan penanganan. "Di mana ada yang meninggal dunia karena tidak bisa masuk ke rumah sakit yang penuh. Karena rumah sakitnya penuh oleh mereka yang secara medis mau sembuh," katanya. 

Kasus Mayat Bayi Dibuang Sang Ayah di Tanah Abang, Polisi: Hasil Aborsi Digugurkan di Hotel

"Sekarang kita ubah manajemennya. Kita minta Kabupaten Purwakarta, untuk segera mencari walaupun sudah ada menambahi hotel-hotel. Sehingga nanti Bapak Direktur RSUD bisa menggeser mereka yang mau sembuh ke tempat transisi menuju sembuh," tambahnya. 

Selain menyiapkan hotel, Ridwan Kamil meminta desa atau kelurahan di Jawa Barat untuk menyediakan ruang-ruang isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala sampai bergejala sedang.  

"Masih ada penolakan dari warga desa yang memilih isoman (isolasi mandiri). Tidak masalah isoman, tapi tidak semua rumah memadai. Jangan sampai karena memaksa isoman, tapi rumahnya terlalu berdekatan tidak ada ruang khusus, maka nanti se-rumah yang kena," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya