Waspada Angin Kencang di Wilayah NTB Selama 3 Hari ke Depan

Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) dilanda angin kencang hari ini yakni Minggu, 4 Juli 2021. Berdasarkan pantauan media, angin cukup kencang terjadi di Kecamatan Lembar dan Gerung, Lombok Barat sejak siang tadi.

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

Prakirawan Cuaca BMKG ZAM Wulan Wandarana menjelaskan bahwa penyebab angin kencang akibat adanya pusat tekanan rendah di perairan Samudera Hindia Barat Daya Indonesia.

"Berdasarkan analisis data kondisi fisis dinamika atmosfer terpantau adanya pusat tekanan rendah di Wilayah Perairan Samudera Hindia Barat Daya Indonesia (1009 hPa)," kata Wulan saat dihubungi, Minggu, 4 Juli 2021.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Wulan menjelaskan, akibat adanya perbedaan tekanan yang besar atau signifikan antara pusat tekanan tinggi di wilayah Australia (1028 hPa) dengan pusat tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Indonesia, terjadi dampak pada peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB dan sekitarnya. 

"Angin permukaan di wilayah NTB bertiup dengan variasi arah dominan dari timur-selatan dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 km/jam," katanya.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Kondisi tersebut berpotensi akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Kecepatan angin di NTB akan terasa cukup kencang.

"Kondisi cuaca wilayah NTB untuk tiga hari ke depan masih berpotensi terjadi peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB," ujarnya.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada terhadap potensi bahaya yang dapat ditimbulkan seperti pohon-pohon tumbang atau gelombang tinggi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya