3 Juta Vaksin Moderna dari Amerika Serikat Tiba di Indonesia

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVA/Dinia

VIVA - Pemerintah Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facilities hari ini, Minggu, 11 Juli 2021.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

"Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari Pemerintah AS," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam konferensi virtual di Jakarta.

Menurutnya, Vaksin Moderna yang berbasis mRNA ini telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) izin pakai di masa darurat dari BPOM pada 2 Juli 2021. Sesuai komunikasi dengan beberapa kolega di AS, termasuk Menteri Luar Negeri dan National Security Advisor AS, Amerika Serikat berkomitmen memberikan sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

"Saya ulangi, 4.500.160 dosis. Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Pemerintah AS yang telah berbagi dosis vaksin kepada Indonesia melalui Covax Facility ini," katanya.

Baca juga: Indonesia Dukung Mekanisme Berbagi Vaksin COVID-19

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Ia menjelaskan mekanisme berbagi vaksin adalah bagian dari mekanisme multilateral untuk memastikan akses setara terhadap vaksin untuk semua negara yang secara terus menerus dibahas dalam pertemuan-pertemuan Covax Facility.

Tentunya, Indonesia secara konsisten mendukung mekanisme berbagi dosis tersebut guna mempercepat pencapaian prinsip kesetaraan vaksin bagi semua negara.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Indonesia John Chen.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Taiwan berharap dapat meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang medis.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024