12 Pintu Tol di Jatim Disekat Jelang Idul Adha, Ini Daftarnya

Antrean kendaraan di gerbang Tol Wilangan, Nganjuk, Jawa Timur, pada Senin, 18 Juni 2018.
Sumber :
  • Dokumentasi Roy

VIVA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperluas penyekatan di tol wilayah Jawa Timur, dari awalnya 10 pintu tol atau gate tol (GT), kini menjadi 12 GT, untuk mendukung pembatasan dan pengendalian mobilitas masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Penyekatan dilakukan bersama pihak Kepolisian RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Idul Adha Sebentar Lagi, Bank Muamalat Sediakan Layanan Kurban Online Pakai Mobile Banking

"Kami berkoordinasi pihak Kepolisian dan TNI untuk mendukung pelaksanaan pembatasan tersebut, dengan melakukan pengaturan lalu-lintas di beberapa titik lokasi di jalan tol Jasa Marga Group," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis diterima wartawan, Jumat, 16 Juli 2021.

Ke-12 GT yang disekat di wilayah Jatim itu ialah GT Ngawi, GT Nganjuk, GT Penompo, Exit GT Sidoarjo 1, GT Pandaan, GT Bangil, GT Rembang, Exit GT Purwodadi, Exit GT Lawang, Exit GT Singosari, Exit GT Pakis dan Exit GT Malang. Tidak hanya disekat, sebagian dari 12 GT bahkan ditutup selama PPKM Darurat, seperti di Exit GT Sidoarjo.

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

Di titik penyekatan, pemeriksaan protokol kesehatan dilakukan oleh petugas pada kendaraan yang melintas. Mekanismenya hampir sama saat PSBB diberlakukan. Pengendara akan diperiksa menggunakan masker atau tidak, terkait jumlah penumpang 50 persen di bawah kapasitas, surat tes PCR/Antigen, sertifikat vaksin, dan persyaratan lainnya.

"Beberapa kriteria kendaraan yang diperbolehkan melintas selama masa PPKM berlangsung, yaitu kendaraan angkutan logistik, kendaraan dari sektor esensial dan kendaraan dari sektor kritikal, termasuk kendaraan TNI, nakes serta emergency," kata Heru.

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, Jokowi Minta Sistem Bayar Tol Tanpa Tapping

Selain jenis-jenis kendaraan itu, apabila tidak memenuhi persyaratan akan diputararahkan oleh petugas. “Kami dari Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pemberlakuan penyekatan tersebut,” tandas Heru.

Baca juga: Jalan Tol Layang MBZ Ditutup Sementara

[dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk]

Cetak Laba Bersih 2023 Rp 6,8 Triliun, Jasa Marga Bagikan Dividen Rp 274,8 Miliar

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencetak core profit (pendapatan inti) hingga sebesar Rp 2,7 triliun pada tahun 2023. Perseoan pun memutuskan untuk membagikan dividen.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024