Pria Hirup Gas Beracun di Semarang Tewas di Dalam Sumur

Tim SAR evakuasi pria tewas dalam sumur diduga akibat gas beracun
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Seorang warga RT 02 / RW 02 Kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, dievakuasi tim SAR gabungan dari dalam sebuah sumur di dekat tempat tinggalnya pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Jasad Pria Ditemukan di Gunung Galunggung Tasikmalaya

Ngatno (46) warga tersebut diduga tewas setelah menghirup gas beracun saat hendak mengambil pipa paralon yang jatuh ke dalam sumur. 

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menuturkan, peristiwa terjadi sekitar pukul 11.15 WIB. Saat itu, korban sedang memperbaiki pompa air milik tetangganya. Namun ada pipa paralon yang jatuh ke dalam sumur. Ia pun turun lewat tangga ke dalam sumur.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Sampai kedalaman 7 meter, ia teriak karena mencium bau gas. Ia mencoba naik namun dia makin jatuh ke dalam sumur.

"Diduga korban menghirup gas beracun tubuh tidak kuat langsung jatuh ke dalam sumur," jelas Heru.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Mendapat informasi tersebut, Heru memerintahkan 1 tim SAR untuk melakukan pertolongan. Tim membawa tabung Self Contain Breating Apparatus( SCBA) agar aman masuk ke dalam sumur.

Upaya pertolongan pun dilakukan dengan metode lowering ke dalam sumur dengan kedalaman mencapai 15 meter, diameter sekitar 80 centimeter. Satu rescuer turun dengan tali dilengkapi tabung SCBA untuk mengikat tubuh korban, selanjutnya korban ditarik dengan sistem lifting.

"Tim SAR gabungan melibatkan SAR Semarang, BPBD, pemadam kebakaran polsek, SARDA, Sriti, serta Bankom. Korban dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia, selanjutnya dibawa ke pihak keluarga," ungkapnya.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya