8 Jet Tempur F-16 Flypast di Atas Istana, Jokowi Tepuk Tangan Kagum

Flypass jet tempur F-16 di atas Istana Negara saat peringatan HUT RI ke 76
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara melaksanakan flypast tepat di atas Istana Merdeka, tempat dilaksanakannya upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Selasa, 17 Agustus 2021. 

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Kedelapan jet tempur Elang Besi TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 16 ini melaksanakan flypast dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki, dengan call sign 'Garuda Flight'.

Bertindak sebagai leader flight Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi. Ia menyampaikan salam hormat dan ucapan selamat HUT RI ke-76 dari para pilot penerbang Garuda Flight.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

"Kami elang-elang Angkatan Udara, penjaga Tanah Air, dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Salam Swa Buana Paksa," kata Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto dari kokcpit pesawat F-16.

Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto, leader flight flypas jet tempur F-16 saat HUT RI 76

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden
Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Selanjutnya, delapan pesawat tempur TNI AU tersebut melaksanakan maneuver bomb burst tepat diatas Monas.

Decak kagum para hadirin menyaksikan penerbangan seremonial dan manuever singkat jet tempur kebanggaan TNI AU tersebut. Tak terkecuali, Presiden Joko Widodo yang duduk di bangku kehormatan ikut kagum sambil menepuk tangan bersama hadiri.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan sebanyak delapan pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon dan enam pesawat helikopter TNI telah melakukan gladi untuk memeriahkan Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2021.

Kesiapan Alutsista TNI ini ditandai dengan pelaksanaan latihan (gladi) yang telah berlangsung pada hari ini, Jumat, 13 Agustus 2021.

Delapan pesawat tempur F-16 akan melaksanakan flypast, sementara 6 pesawat helikopter akan melaksanakan Penerbangan Giant Flight Merah-Putih Underslung.

"Untuk flypast melibatkan delapan pesawat tempur F-16, sementara untuk Penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung dilaksanakan oleh enam pesawat helikopter. Hari ini semuanya telah melaksanakan geladi,"jelas Kadispenau. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya