Antusiasme Warga Papua Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-76

Semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 di Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Momen peringatan sekaligus Upacara Kenaikan Bendera Merah Putih juga berlangsung di sejumlah titik Provinsi Papua dan Papua Barat, Selasa 17 Agustus 2021. Antusias masyarakat serempak terlihat hampir di seluruh wilayah, tak terkecuali yang berada di perbukitan.

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

Seperti yang terjadi Di Membrano, upacara digelar di sebuah halaman sekolah. Meski sederhana, dari foto yang diterima VIVA, puluhan siswa tampak antusias mengikuti  upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Mereka mengenakan seragam sekolah dan mengambil posisi dengan berbaris dengan rapih. Dan kemudian proses upacara pun berlangsung hingga memberikan hormat kepada Bendera Pusaka.

Masyarakat Yogyakarta Padati Jalan, Antusias Sambut Prabowo-Gibran

"(Kepada) Bendera Sang Merah Putih, Hormat Gerak..." kata pemimpin upacara saat bendera berdiri tegak di atas tiang.

Baca juga: Tahap II, BP Jamsostek Serahkan 1,25 Juta Data Penerima Subsidi Gaji 

Warga Lampung Antusias Sambut Prabowo: Terima Kasih, Saya Rasakan Dukungan yang Besar

Sama halnya di wilayah Ayamaru Barat. Selain menggelar upacara, anak-anak setempat melakukan parade perayaan keliling desa. Mereka bahkan mengakhiri acara dengan atraksi melompat dari sebuah jembatan ke sungai sambil mengibarkan bendera Merah Putih.

"Hormat Gerak. Untuk Indonesia," teriak salah seorang dari anak- anak tersebut.

Sementara di Di Ilaga, di Sorong dan di Lany Jaya, upacara peringatan kemerdekaan HUT RI jauh lebih sederhana. Karena pandemi COVID-19, upacara digelar terbatas di rumah-rumah.

Lain halnya di Sugapa, Intan Jaya. Upacara peringatan Kemerdekaan berlangsung sangat meriah, dengan jumlah hampir 1.000 peserta. Prosesi rangkaian upacara berjalan sempurna, diakhiri dengan doa bersama untuk NKRI.

"Kami di Papua sangat antusias menggelar perayaan HUT ke-76 RI. Kami semua Merah Putih," kata Ramos, salah satu pemuda di Ilaga, dalam keterangannya.

Sebagaimana informasi yang diperoleh, masyarakat Papua tampak sangat antusias menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76. Selain sibuk memasang bendera Merah Putih, di beberapa wilayah, warga ramai-ramai menghiasi desa atau kampung masing masing dengan tema warna merah putih. Kemeriahan warga tersebut tampak berlangsung di wilayah Ayamaru, Fak Fak, Sorong, Puncak Jaya, Manokwari, Intan Jaya, Kaimana, Nabire, Keerom, Ilaga, Jayapura, Merauke dan berbagai wilayah di Papua dan Papua Barat.

Seperti di Sorong, Kepala Suku Adat, Kokoda Idris, membagi-bagikan bendera Merah Putih kepada sejumlah warga di Komplek Perumahan Kokoda Kelurahan Klasabi Distrik Sorong Manoi Kota Sorong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya