200 Desa Antusias Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Melestarikan Budaya Daerah

Pentas kebudayaan di perayaan Hari Kemerdekaan RI.
Sumber :
  • ist

SURABAYA – Kegiatan Merdeka Heppiii yang digelar serentak sepanjang bulan Agustus di lebih dari 200 desa tuntas digelar. Kegiatan ini menjadi ajang warga desa untuk melestarikan budaya serta menambah kerukunan dan kekompakan warga yang tersebar di 17 kabupaten kota di Jawa Timur dan Kalimantan.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana selaku pelaksana kegiatan Merdeka Heppiii sangat bersyukur kegiatan yang rutin dilaksanakan pada bulan kemerdekaan ini rampung digelar secara sukses dan penuh kegembiraan. Hal lain yang sangat menonjol dalam kegiatan Merdeka Heppiii di tahun ini adalah adanya gairah dari warga desa untuk melestarikan budaya daerah setempat.

"Setiap kegiatan di desa-desa yang tergabung dalam Heppiii Community warga desa menampilkan budaya setempat, misalnya reog, jaranan, pencak silat, ludruk, sampai kesenian campur sari. Ini adalah hal yang positif, selain memberikan hiburan kepada warga saat perayaan kemerdekaan, juga jadi ajang melestarikan budaya," ungkapnya pada Jumat 22 September 2023.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Pentas kebudayaan di perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Photo :
  • ist

Daerah-daerah seperti Ponorogo punya ciri khas dengan tradisi reog, lalu Jombang juga punya ludruk, kemudian Madiun juga punya pencak silat. Lalu daerah lainnya seperti Jember, Banyuwangi, Bondowoso juga punya budaya khas tersendiri, seperti jaranan. Termasuk juga tradisi menerbangkan layangan lalu diadu di Pasuruan.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

"Kegiatan Merdeka Heppiii ini juga diisi dengan kegiatan yang menggerakkan ekonomi desa, seperti bazar UMKM. Tiap desa punya ciri khas tersendiri, ada yang penghasil tahu seperti di Bojonegoro, kemudian ada juga pedagang-pedagang martabak di Jombang, kemudian kelompok nelayan di Bangkalan Madura, dan daerah lainnya juga punya potensi sendiri," jelasnya.

Desa yang tergabung Heppiii Community juga ada yang banyak membagikan sembako untuk warga setempat seperti di Situbondo, Ponorogo dan daerah lainnya. Kemudian hampir semua desa juga menggelar kegiatan yang sifatnya kebersamaan, seperti selametan desa di Banyuwangi, makan tumpeng di Pangkalan Bun, serta di Banjarmasin.

"Semua desa ini juga menggelar turnamen dan lomba-lomba, seperti sepakbola, voli, kemudian ada karnaval, jalan sehat, dan tentunya lomba-lomba khas Agustusan pasti juga ada di tiap desa," jelasnya.

Tiap kegiatan ini berhadiah seperti sembako. Khusus untuk sembako ini juga diwajibkan dibeli dari tetangga sekitar, dengan tujuan tetap menggerakkan ekonomi di desa setempat. Sebagian desa yang lain juga bersama-sama menambah fasilitas umum dan sosial di desa, seperti penambahan lampu penerangan jalan, kemudian juga ada pengecatan seperti gapura, pos ronda dan ikon-ikon desa.

"Kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Heppiii Community selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing," tambahnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih untuk seluruh desa yang tergabung dalam Heppiii Community, dan berharap tahun depan bisa lebih semarak dan tetap penuh kegembiraan dari warga desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya