10 Suku Bangsa di Indonesia yang Wajib Diketahui

Pesona Karya Seni Suku Asmat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Suku bangsa di Indonesia sangat beragam, selain berbagai bahasa yang dipakai di seluruh Indonesia. Mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas yang berbeda. Melansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 1.331 kategori suku bangsa di indonesia.

5 Suku Terbesar di Indonesia, Suku Jawa Menduduki Peringkat 1

Jumlah tersebut adalah kode untuk nama suku, nama lain sebuah suku, nama subsuku, dan nama sub dari subsuku. Dari jumlah tersebut, suku Jawa menempati kelompok terbesar yang ada di Indonesia. Jumlahnya mencapai 41% dari total populasi Indonesia.

Sedangkan untuk provinsi dengan jumlah populasi paling sedikit ditempati oleh Kalimantan dan Papua. Sebenarnya pembagian suku yang ada di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas karena adanya perpindahan penduduk, pencampuran budaya, serta pengaruh dari luar. Nah berikut beberapa suku terbesar yang ada di Indonesia.

Bukan Cuma di Indonesia, Ini 5 Negara dengan Jumlah Suku Jawa Terbanyak

Berikut ini 10 suku bangsa di Indonesia terbesar

Suku Jawa

Detik-detik Habib Bahar Ditembak, Anak Anggota Polri Tabrak 1 Keluarga di Cijantung

Suku Jawa menempati posisi pertama sebagai suku terbesar yang ada di Indonesia dan juga Pulau Jawa. Populasi paling banyak terletak di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Di daerah tersebut  suku Jawa hidup dengan kearifan lokal dan kesakralan adat budayanya. Suku Jawa di Indonesia mencapai 95.215.022 anggota atau sekitar 40% dari total penduduk.

Suku Sunda

Suku Sunda yang bertempat tinggal di Jawa Barat ini populasinya mencapai 15% dari total penduduk Indonesia dan menjadi suku terbesar kedua setelah Suku Jawa. Suku ini memiliki berbagai tari tradisional yang khas. Beberapa diantaranya telah populer di Indonesia seperti Tari Jaipong, Tari Topeng, dan Tari Rampak Kendang.

Suku Batak adalah salah satu suku terbesar yang biasanya bertempat tinggal di Sumatera Utara. Suku ini berjumlah sekitar 3,6% dari total keseluruhan masyarakat Indonesia. Suku Batak memiliki sub suku yaitu Suku Batak Mandailing, Batak Toba, Batak Tapanuli, Batak Angkola Karo, dan lain sebagainya.

Suku Bugis

Anggota Suku Bugis mencapai 2,69% dari total penduduk Indonesia atau mencapai 6.359.700 anggota. Mereka adalah kelompok etnis yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Suku Asmat

Suku Asmat adalah salah satu suku yang bertempat tinggal di Papua. Suku ini memiliki kearifan lokal yang begitu luar biasa, karena menghormati alam dan para leluhurnya. Populasi dari suku ini terbagi ke dalam dua bagian yaitu masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan pedalaman.

Suku Ambon

Suku Ambon tinggal di Provinsi Maluku. Karena kondisi geografis yang menjadikan wilayah Maluku sebagai sebuah pulau, suku ini sangat aktif di laut. Lambang suku Ambon adalah penggunaan alat musik tifa. Tifa mirip dengan drum yang dimainkan dengan dipukul.

Suku Dayak

Dayak adalah salah satu suku bangsa di Indonesia adalah suku yang berasal dari Kalimantan. Tapi, selain suku Dayak, Kalimantan Barat juga dikenal dengan berbagai suku bangsa di Indonesia lainnya. Pada saat yang sama, suku Dayak dikenal sebagai suku bangsa yang berasal dari seluruh pedalaman Kalimantan. Suku Dayak juga dikenal sebagai suku dengan warisan kesaktian yang kuat. Pengetahuan spiritual yang beragam adalah tanda adat istiadat suku.

Suku Bali

Sesuai dengan namanya, suku Bali tinggal di Bali dan juga terbagi menjadi dua suku yang berbeda, yaitu suku Bali Aga dan suku Bali Majapahit.

Suku Minang

Suku Minangkabau adalah suku yang mendiami wilayah Provinsi Sumatera Barat. Suku Minangkabau juga biasa disebut dengan suku Minanluo dengan sistem kekerabatan matrilineal.

Suku Betawi

Sebagian besar anggota suku Betawi tinggal di pulau Jawa, juga dikenal sebagai DKI Jakarta. Mereka adalah keturunan warga yang telah tinggal di Batavia sejak abad ke-17. Jumlah anggotanya cukup besar, sekitar 6.807.968 orang atau 2,88% dari total penduduk Indonesia.

Suku Melayu

Melayu adalah kelompok etnis Austranesia, terutama mereka yang tinggal di Semenanjung Malaya. Penduduk suku ini meluas ke luar Sumatera dengan berkembangnya Kerajaan Sriwijaya. Jumlah orang Melayu kurang lebih 5.365.399 jiwa atau merupakan 2,27% dari total penduduk Indonesia.

Suku Minahasa

Suku Minahasa adalah salah satu suku terbesar di Sulawesi. Suku ini sudah ada sejak lama. Ada sekitar 1.237.177 anggota suku Minahasa, yang menyumbang 0,52% dari total penduduk Indonesia.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya