Epidemiolog Sebut PPKM Level 4 di Padang Tak Sesuai Aturan

Wali Kota Padang Hendri Septa memantau vaksinasi di Kota Padang
Sumber :
  • Humas Pemko Padang

VIVA – Ahli epidemiologi pada Unversitas Andalas Padang, Defriman Djafri, menilai bahwa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Padang tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan Pemerintah pusat, bahkan terkesan seperti level 1 dan 2.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut Defriman, tak adanya lagi penyekatan atau pembatasan mobilitas di pintu masuk kota Padang serta sudah ada pelaku usaha kuliner yang buka hingga dini hari, menjadi salah satu penilaian PPKM level 4 yang diperpanjang hingga 20 September 2021 itu tidak sesuai dengan aturan. 

“Masyarakat masih abai dengan prokes (protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19). Pembatasan juga tidak ketat. PPKM level 4 ini serasa level 1 dan 2. Penerapannya, tidak sesuai aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat,” kata Defriman, Kamis, 9 September 2021. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Meski saat ini grafik kasus harian COVID-19 di Sumatera Barat cenderung turun, Defriman mengingatkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat untuk tidak terbuai dengan kondisi itu. Menurutnya, situasi ini bisa saja seperti fenomena gunung es yang tampak sedikit di permukaan, padahal masih banyak kasus dan penularan yang belum terdeteksi.

“Kita ingatkan untuk tidak terbuai. Bisa saja kondisi ini ibarat gunung es: tampak sedikit di permukaan, padahal sebenarnya masih banyak yang belum terdeteksi. Kita harapkan jangan cepat menyimpulkan kasus COVID-19 ini melandai,” ujarnya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024