Kasus COVID-19 Menurun, Letjen Ganip: Jangan Kendor, Terus Prokes

Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, saat di Kudus.
Sumber :
  • BNPB.

VIVA – Kurva kasus positif COVID-19 di Tanah Air memperlihatkan tren penurunan. Masyarakat diminta tetap menjaga protokol kesehatan atau prokes meski angka positif sudah menurun.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, mengingatkan pentingnya prokes untuk mencegah lonjakan kasus baru.

“Jangan kendor, terus terapkan prokes untuk mencegah penularan COVID 19. Kalau kita lengah, nanti jumlah orang yang terinfeksi bisa banyak lagi," kata Ganip di Malang seperti disampaikan dalam keterangannya, Sabtu, 11 September 2021. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ganip menyampaikan pentingnya masyarakat tidak mengabaikan prokes dan jangan lengah karena pandemi belum berakhir. Kata dia, salah satu kewajiban penting di tengan pandemi yang masih berlanjut ini dengan terus memakai masker ketika beraktivitas.

"Pakai masker itu wajib. Jangan sampai lupa. Ayo lindungi diri kita dan juga orang lain dari paparan COVID-19," jelas Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kemudian, ia juga mengapresiasi kepatuhan Malang Raya yang sudah disiplin dalam menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Apalagi, status PPKM di Malang saat ini sudah turun dari level 4 ke level 3. 

Dalam kesempatan itu, Ganip bersama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Malang untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Selain itu, dibagikan 500 ribu masker untuk warga yang didistribusikan ke wilayah Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan  Kota Batu.

Sebelumnya, Satgas COVID-19 dalam situs covid19.go.id, melaporkan update kasus hingga hari ini per Sabtu, 11 September 2021. Dari data terbaru itu, penambahan kasus positif COVID-19 tercatat sebanyak 5.001.

Dengan penambahan kasus itu, total sementara menjadi 4.163.732. Angka itu merupakan kalkulasi sejak pertama diumumkan pemerintah pada 2 Maret 2020 lalu.

Selain kasus positif bertambah, kabar baiknya ada sejumlah 7.589 pasien yang berhasil sembuh. Saat ini dengan tambahan angka tersebut, jumlah pasien sembuh berjumlah 3.909.355.

Pun, jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia per hari ini bertambah 270 pasien. Sehingga, jumlah sementara pasien meninggal dunia akibat virus tersebut menjadi 138.701 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya