Puluhan ABK KM Hentri Belum Ditemukan, Operasi Pencarian Diperpanjang

Tim SAR berencana mengevakuasi lima ABK KM Hentri yang selamat dari Pulau Tanimbar Kei, Kabupaten Maluku Tenggara menuju Kota Tual, Maluku, Jumat, 10 September 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Daniel

VIVA – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon masih memperpanjang masa operasi SAR untuk mencari 25 ABK korban terbakarnya KM Hentri di perairan Maluku Tenggara pada 3 September 2021.

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

"Tim SAR gabungan pada 16 Septmber 2021 masih dikerahkan melakukan penyisiran setelah Operasi SAR hari ke delapan kemarin (Rabu) tidak membuahkan hasil," kata Kepala Kantor Pertolongan dan Pencarian Basarnas Amon, Mustari, di Ambon, Kamis, 16 September 2021.

Sejak operasi SAR dilangsungkan hingga hari ketujuh, direncanakan akan dilakukan evaluasi antara pihak Basarnas Ambon bersama unsur potensi SAR, perwakilan keluarga dan PT Pusaka selaku perusahaan pemilik kapal penangkap cumi itu.

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

Rapat evaluasi dimaksudkan untuk membicarakan tentang penambahan waktu operasi SAR ataukah dilakukan pemantauan atau mapel. Namun rencana ini belum terealisasikan karena operasi SAR masih terus dilanjutkan hingga Kamis.

"Karena pencarian 25 ABK KM Hentri di hari kedelapan belum membuahkan hasil, maka tim SAR gabungan masih dikerahkan untuk melanjutkan operasi SAR hari kesembilan," ujar Mustari.

Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

Upaya pencarian hari kesembilan masih tetap menggunakan kapal navigasi SAR 235 Abimanyu yang sejak kemarin sudah melakukan penyisiran sampai ke perairan laut Banda.

KM Hentri dilaporkan terbakar saat diterjang gelombang tinggi pada 3 September 2021 dan lima ABK yang terapung selama tiga hari, selanjutnya berhasil diselamatkan sebuah kapal pencari telur ikan terbang.

Dua ABK diduga meninggal dunia dalam musibah kebakaran tersebut, sementara 25 ABK lainnya yang melompat ke laut sampai hari ini belum diketahui nasibnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya