Puan Berharap Venue PON Terus Dimanfaatkan untuk Rakyat Papua

Ketua DPR Puan Maharani saat mendampingi Presiden Jokowi di Papua.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA - Ketua DPR, Puan Maharani, mengingatkan agar seluruh venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua harus mendatangkan manfaat sebanyak-banyaknya bagi rakyat. Ia menyebut jangan sampai pembangunan dengan nilai yang besar menjadi sia-sia dan hanya digunakan saat PON berlangsung.

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

“Pasca-perhelatan PON seluruh fasilitas olah raga yang dibangun dengan triliunan rupiah uang rakyat ini, harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat Papua,” kata Puan yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan venue PON XX Papua, dikutip pada Minggu, 3 Oktober 2021.

Puan menuturkan selama ini banyak venue yang dibangun untuk pelaksanaan PON, pada akhirnya kurang dimanfaatkan setelah pesta olahraga empat tahunan itu berakhir.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

“Belajar dari pengalaman sebelumnya di provinsi lain, pasca-pelaksanaan PON, fasilitas olahraga yang dibangun itu hanya menjadi saksi bisu perhelatan PON,” katanya.

“Setelah itu kondisinya terbengkalai dan tidak terawat, bahkan menjadi beban bagi pemerintah daerah setempat karena tingginya biaya pemeliharaan fasilitas tersebut,” lanjut mantan Menko PMK itu.

M. Qodari Sebut Rencana Pertemuan Prabowo-Megawati Terganjal Sikap Ambigu PDIP

Baca juga: Buka PON XX Papua, Jokowi: Ini Panggung Kesetaraan dan Keadilan di RI

Oleh karena itu, ia berharap berbagai arena tempat berlangsungnya PON terus dirawat meski even olahraga nasional itu nantinya berakhir.

“Pembangunan fasilitas olahraga dalam rangka pelaksanaan PON di Provinsi Papua akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua,” kata Puan yang merupakan Ketua DPR perempuan pertama tersebut.

Ada 7 venue PON XX yang diresmikan Presiden Jokowi, yaitu Arena Akuatik, Arena Panahan yang berada di Istora Papua Bangkit. Kemudian Arena Cricket dan Arena Hoki (outdoor-indoor) di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Selanjutnya Arena Sepatu Roda di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura dan Arena Dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura. Pembangunan di 7 lokasi tersebut menggunakan APBN di Papua.

PON XX telah dibuka secara resmi pada Sabtu, 2 Oktober 2021, malam. Even olahraga nasional itu akan berlangsung hingga 12 Oktober 2021 mendatang.

Peresmian venue PON XX Papua juga dihadiri sejumlah menteri yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun ikut mendampingi Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya