Megawati Hibahkan Kendaraan Operasional untuk Babe Idin

PDIP) menyerahkan hibah bantuan berupa kendaraan roda tiga kepada Komunitas Sangga Buana yang dibina Chairuddin alias Babe Idin.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – DPP PDI Perjuangan (PDIP) menyerahkan hibah bantuan berupa kendaraan roda tiga kepada Komunitas Sangga Buana yang dibina Chairuddin alias Babe Idin, aktivis lingkungan hidup di Jakarta Selatan. Bantuan itu diserahkan oleh Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga, mewakili sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.  

Sempat Ditahan 1 Tahun 4 Bulan, Bea Cukai Bebaskan Alat Belajar Siswa SLB

“Tapi Ibu Megawati tetap menitipkan salam. Saya ditugaskan Bu Mega dan Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto) untuk menyerahkan kendaraan operasional menjaga lingkungan di sekitar ini maupun yang dikelola Babe Idin dan kawan-kawan di wilayah lain,” kata Eriko saat menyerahkan hibah kepada Babe Idin di taman hutan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pesanggrahan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu 3 Oktober 2021. 

“Saya mewakili Ibu Megawati, Presiden RI ke-5 menyerahkan, menghibahkan dari PDI Perjuangan, kendaraan ini kepada Babe Idin, untuk dipergunakan Babe Idin dan Sangga Buana untuk bisa merawat lingkungan di sini. Dan menggerakkan kaum milenial untuk menjaga Kali Ciliwung Pesanggrahan di kawasan Jakarta untuk menjadi kali yang bersih, kali yang hidup, bermanfaat untuk masyarakat banyak,” kata Eriko. 

Eks Presiden Sriwijaya FC Tersandung Korupsi Dana Hibah, Kini Ditahan Kejati Sumsel

Babe Idin, yang menerima hibah bersama para anak muda dari komunitas tersebut, sangat mengapresiasi kerja-kerja nyata PDIP. Berpolitik tidak hanya soal hal-hal umum saja yang diketahui masyarkat, tapi menggaungkan tentang gerakan politik lingkungan, kata penerima penghargaan Kalpataru itu. 

Eriko bilang, partainya sangat mendukung segala kegiatan Babe Idin dengan Komunitas Sangga Buana yang berisikan anak-anak muda. PDIP, kata Eriko, juga punya perhatian yang sama agar anak-anak muda atau milenial banyak terlibat dalam kegiatan menjaga lingkungan. 

Rektor UMSU Serahkan Insentif Publikasi Ilmiah Dosen Sebesar Rp3,5 Miliar

“Bu Mega bisa melihat sesuatu yang kadang tak bisa kita lihat. Beliau memperhatikan betapa pentingnya milenial dan kaum muda sebagai perhatian utama, masa depan bangsa ini,” kata Eriko. 

“Kami mendorong kerja sama ke depan agar generasi muda kita sampai generasi Z bisa meyakini bahwa memelihara alam, bisa juga menjamin kehidupan bagi mereka,” kata Anggota Komisi XI DPR itu. 

Eriko diketahui dalam kegiatan itu turut didampingi Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, dan Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan, Yuke Yurike. Babe Idin sendiri menerimanya bersama para anak muda yang berkegiatan bersama di Komunitas Sangga Buana dilanjutkan diskusi santai bersama kader partai banteng. 

Sementara itu, Ono Surono, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi pria yang disapanya Abah Idin dan Komunitas Sangga Buana. Sebab banyak program petani milenial oleh Pemerintah Pusat dan Daerah yang dicanangkan, tapi masih belum optimal berjalan. 

“Namun Babe Idin membuktikan bahwa petani milenial kopi bisa dibangun,” kata Ono.

Oleh Babe Idin, dijelaskan bahwa selain menjaga hutan dan normalisasi DAS, para anak muda diajak menanamnya dengan tanaman yang menghasilkan nilai ekonomis. Seperti bambu, kopi, dan porang. 

Sekadar diketahui, sejak awal tahun ini, PDIP memang melaksanakan berbagai kegiatan pembersihan dan penanaman pohon di sepanjang DAS Ciliwung, serta berbagai sungai lainnya di Jakarta. Kegiatan itu merupakan bagian dari Gerakan Mencintai Bumi  dan ‘Cinta Ciliwung Bersih’ yang dipelopori partai tersebut. 

Selain DAS Ciliwung, gerakan serempak berupa kegiatan penghijauan juga dilaksanakan kader PDIP seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya