Polisi Klaim Kabupaten Bekasi dan Kota Tangerang Capai Herd Immunity

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus
Sumber :
  • VIVA/ Firda Junita/ Jakarta

VIVA - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengklaim kalau selama 10 hari belakangan Vaksinasi Merdeka aglomerasi herd immunity mulai terbentuk di wilayah penyangga Ibu Kota.

Cek Fakta: Herd Immunity Tercapai, Pandemi Berakhir

"Tapi selama 10 hari ini. Kami bisa vaksin 846 ribu lebih atau sudah mencapai 61,72 persen dari target 1,3 juta warga," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Markas Polda Metro Jaya, Senin, 4 Oktober 2021.

Sebelum ada program Vaksinasi Merdeka aglomerasi, capaian vaksin di empat wilayah tersebut masih di angka 40 sampai 50 persen. Meski begitu, Yusri mengaku instansinya masih mengejar capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi yakni Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Ganjar: Status Endemi COVID-19 Tinggal Tunggu Pernyataan Saja

Dia merinci dua wilayah yang sudah mencapai herd immunity adalah Kabupaten Bekasi yang mencapai 72,64 persen dan Kota Tangerang 72,37 persen. Dengan demikian, tinggal Depok, Kota Bekasi, dan Kota Tangerang Selatan yang belum capai herd immunity. Untuk itu, Yusri mengatakan kepolisian masih berfokus pada vaksinasi aglomerasi.

"Kami tak henti di sini tapi masih lanjut terus karena masih ada vaksinasi presisi, itu kami susun apa mungkin aglomerasi bisa capai 100 persen," kata dia lagi.

4 Manfaat Vaksin Booster COVID-19 yang Wajib Diketahui

Baca juga: Geber Vaksinasi, Indonesia Kini Peringkat 5 Dunia

Program Vaksinasi Merdeka di Jakarta berjalan dari 1 Agustus hingga 17 Agustus 2021. Lewat kegiatan ini, ditargetkan seluruh warga Ibu Kota telah mendapat vaksinasi COVID-19 minimal dosis 1, sehingga kekebalan komunitas ldi Ibu Kota bisa terbentuk. Gerai vaksinasi disediakan di 900 RW seluruh wilayah DKI Jakarta.

Setelah tahap vaksin dosis pertama rampung, Polda Metro Jaya melanjutkan program Vaksinasi Merdeka untuk dosis kedua, pada awal September 2021. Stok vaksin untuk dosis kedua diklaim cukup. Pada vaksinasi dosis kedua, bukan hanya Ibu Kota sasarannya. Daerah penyangga Jakarta juga akan diserbu Vaksinasi Merdeka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya