Lirik Lagu Garuda Pancasila Lengkap dengan Makna dan Nama Penciptanya

Elang Jawa simbol Garuda Pancasila.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lirik lagu Garuda Pancasila merupakan salah satu lagu nasional Indonesia yang sudah cukup populer di masyarakat. Dalam sejarah, lagu nasional Indonesia ini diciptakan guna mengapresiasi perjuangan para pahlawan kemerdekaan serta untuk menumbuhkan rasa semangat kepada para pemuda.

Pentingnya Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Santri

Layaknya lagu lagu nasional yang lain, Garuda Pancasila yang diambil dari lambang dasar negara yang juga mempunya lirik dengan makna mendalam. Lirik lagu Garuda Pancasila atau yang juga sering disebut sebagai Mars Pancasila mempunyai makna janji dan kesetiaan terhadap ideologi negara.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pancasila adalah pedoman hidup untuk masyarakat Indonesia yang harus dijunjung tinggi. Oleh sebab itu, lagu Garuda Pancasila ini harus diperdengarkan kepada anak-anak sejak kecil supaya terbiasa. Nah, berikut ulasan mengenai lirik lagu Garuda Pancasila.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Lantas, Bagaimana Lirik Lagu Pancasila?

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Investasi Dunia Menunggu, Anggota DPR Sarankan Pemerintah Segera Proklamasi Ibu Kota Pindah

Lambang negara, Garuda Pancasila

Photo :

Lirik lagu Garuda Pancasila diciptakan untuk meningkatkan perjuangan dan kesetiaan masyarakat terhadap Pancasila sebagai ideologi dan juga falsafah negara. Dalam setiap bait, lagu Garuda Pancasila mempunyai arti atau maknanya tersendiri.

"Garuda Pancasila, akulah pendukungmu"

Bait lagu Garuda Pancasila di atas mempunyai makna bahwa Garuda merupakan lambang negara dan Pancasila adalah dasar negara yang harus senantiasa didukung sebagai rakyat Indonesia dan harus dijunjung tinggi sebagai bentuk kedaulatan bangsa dan juga negara.

"Patriot proklamasi, Sedia berkorban untukmu"

Bait di atas, patriot proklamasi, mempunyai makna sebagai seorang pejuang kemerdekaan atau patriot proklamasi bangsa yang akan selalu siap berkorban untuk negeri tercinta.

"Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa"

Pancasila adalah dasar negara dan bila diterapkan dengan benar, maka keadilan, kemakmuran, dan juga kedamaian akan dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju maju"

Indonesia mempunyai kepribadian yang tidak pantang menyerah, pantang untuk berputus asa dalam menghadapi cobaan yang datang silih berganti. Merupakan bangsa yang penuh dengan semangat untuk terus maju dan bersatu membangun tanah air Indonesia.

Pencipta Lirik Lagu Garuda Pancasila

Garuda Pancasila yang terbuat dari logam jenis kuningan. Dibuat dari lembaran logam, dibuat dengan teknik khusus oleh para perajin logam terampil.

Photo :
  • vstory

Lagu Garuda Pancasila ini berasal dari lambang negara. Lambang tersebut adalah burung Garuda dan lima lambang yang mempunyai arti dan makna tersendiri sesuai yang termuat di dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Pecipta lagu ini bernama Sudharnoto. Lagu Garuda Pancasila pada awalnya bertajuk Mars Pancasila, lalu diubah menjadi Garuda Pancasila sekitar tahun 1950-an. Pada saat ini, Sudharnoto adalah seorang kepala seksi musik untuk RRI Jakarta.

Sudharnoto juga merupakan seorang pendiri kelompok penyanyi istana yang diberi nama Ansambel Gembira, bersama dengan beberapa seniman terkenal yaitu Bintang Suradi dan Titi Subronto K. Atmojo. Karena artinya yang begitu mendalam, lagu ini kemudian menjadi bagian dari sejarah Indonesia sekaligus menjadi lagu wajib nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya