OJK Sudah Tindak Ribuan Pinjol Ilegal

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Sumber :
  • Website OJK

VIVA - Dalam pemberantasan terhadap layanan jasa keuangan pinjaman online (pinjol) secara ilegal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah melakukan tindakan tegas dengan melakukan penutupan dan pemblokiran aplikasi atau website pinjol ilegal tersebut.

Pinjaman Online
Photo :

Pinjaman Online

"Tindakan tegas dilakukan dengan melakukan cyber patrol dan sejak 2018 telah memblokir/menutup 3.516 aplikasi/website pinjol ilegal," kata Anggota Tim Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK KR5 Sumatera Bagian Utara, Setia Jaya, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, Rabu pagi, 20 Oktober 2021.

Setia menjelaskan OJK melalui Satgas Waspada Investasi telah mengambil langkah cepat dan tegas bersama dengan Polri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menindak pinjaman online ilegal atau rentenir online yang berpotensi melanggar hukum.

Baca juga: Mahfud ke Korban Pinjol Ilegal: Jangan Bayar, Lapor Polisi!

Dengan itu, Setia meminta masyarakat waspada pinjaman online melalui SMS atau WhatsApp. Karena penawaran tersebut merupakan pinjol ilegal. Kemudian, jangan tergiur dengan iming-iming dijanjikan.

"OJK menghimbau masyarakat hanya menggunakan pinjaman online resmi terdaftar/berizin OJK serta selalu untuk cek legalitas pinjol ke Kontak 157/ WhatsApp 081157157157," kata Setia.