KSP Pantau Rehabilitasi 33 Anak Korban Kekerasan Seksual di Sumsel

Tim KSP Terjun ke Lapangan Pantau Korban Kekerasan Seksual di Sumsel
Sumber :
  • KSP

VIVA – Proses rehabilitasi terhadap 33 anak korban kekerasan seksual di Sumatera Selatan, dipantau langsung oleh Kantor Staf Presiden (KSP). Tim telah diterjunkan ke lapangan, untuk memonitoringnya.

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

Dalam keterangan pers KSP, Kamis 11 November 2021, puluhan korban kekerasan seksual tersebut adalah santri. Mereka mondok di salah satu pesantren di Kabupaten Ogan Ilir. Kini, direhabilitasi di Balai Budi Perkasa milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Erlinda selaku Tenaga Ahli KSP menjelaskan, proses rehabilitasi harus dilakukan dengan cara humanis. Mengingat para korban ini mengalami trauma, baik secara fisik maupun mental yang cukup berat.

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

"Terlebih trauma yang dialami anak, itu sangat berbeda dan memerlukan treatment yang berbeda pula, " kata Erlinda.

Tim KSP Terjun ke Lapangan Pantau Korban Kekerasan Seksual di Sumsel

Photo :
  • KSP
Aiptu FN Polisi yang Tikam Debt Collector Tetap Berdinas Meski Jadi Tersangka

Kekerasan Seksual jadi Alarm Pemerintah dan Masyarakat

Apa yang terjadi pada para korban ini, menurut Erlinda harus dilihat sebagai alarm bagi pemerintah dan seluruh masyarakat. Untuk sesegera mungkin membangun sistem yang terintegrasi dalam penanganan dan pelayanan perlindungan korban kekerasan. Harus terintegrasi dengan kementerian dan lembaga, serta menjadi standar secara nasional. 

"Arahan Presiden untuk reformasi manajemen penanganan kasus pelecehan seksual perlu ditindaklanjuti secara serius oleh daerah," jelas Erlinda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya