Gubernur Jambi Ultimatum Pedagang Soal Harga Bapok Periode Nataru

Gubernur Jambi Al Haris.
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution/ VIVA.

VIVA – Jelang Natal 25 desember 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Gubenur Jambi Al Haris, khawatir bahan pokok naik. Dia pun langsung sidak mendadak ke Pasar Tradisional Angso Duo, Jambi. 

Tinjau Pasar di NTB, Jokowi: Harga Cabai Rawit hingga Bawang Merah Turun

"Ya kita khawatirkan nanti harga bahan pokok naik jelang Nataru, makanya kita langsung sidak ke pasar angso duo,"ujarnya. dikutip Selasa, 22 Desember 2021.

Sidak dilakukan bersama Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, TNI, DPRD beserta forkopinda pemerintah provinsi Jambi lainnya dan dalam sidak itu, Ia langsung melihat satu persatu bahan pokok (Bapok) beserta harganya demi kesetaraan kepada ke masyarakat. 

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Dalam kesempatan itu, dia pun memberikan ultimatum kepada pedagang terkait harga bahan pokok."Para pedagang harus memberikan harga yang layak untuk masyarakat, sehingga mereka bisa berbelanja seperti biasa meskipun dalam kondisi Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," tegasnya.

Al Haris menyebutkan, ia sengaja turun sidak demi menghindari adanya pihak-pihak yang terkait dengan pedagang menaikan harga bahan pokok. Dia tidak ingin terjadi hal seperti itu di pasar tradisional, sementara masyarakat sangat membutuhkan untuk kebutuhan sehari hari.

Mendag Zulhas Jamin Stok Bahan Pokok Cukup hingga Lebaran

Aktivitas pedagang dan konsumen di pasar tradisional sayur dan rempah-rempah. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

"Kita terus melakukan pengecekan sehingga barang-barang agar tetap tersedia dan tidak terjadi kelangkaan di pasaran,"terangnya.

Al Haris mengatakan, terkait bahan pokok di Pasar Angso Duo, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus berusaha memantau stok bahan pangan tersedia dan tidak terjadi kenaikan harga yang begitu signifikan. Khususnya pada menjelang periode libur nataru. Sehingga masyarakat tetap nyaman dalam berbelanja. 

"Kita akan pantau terus bahan pokok di pasar tradisional Jambi dan para pedagang harus memberikan harga yang layak untuk masyarakat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya