Antisipasi Harga Tinggi Jelang Ramadan, Polisi Cek Ketersediaan Pangan di Pasar Sentiong

Satgas pangan melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Sentiong, Balaraja
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Kota Tangerang melakukan pengecekan harga dan ketersediaan pangan di Pasar Sentiong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang pada Minggu, 3 Maret 2024.

Pengecekan tersebut dilakukan petugas kepolisian dalam rangka memastikan stabilitas harga, dan mengantisipasi adanya kenaikan jelang datanganya bulan Ramadan.

Kepala Satuan Reskrim Polresta Tangerang, Kompol Arief N. Yusuf mengatakan, kegiatan ini memastikan kondisi harga dan stok barang di pasar agar masyarakat tetap bisa membeli kebutuhan dari bahan pokok tersebut.

"Dari hasil pengecekan yang dilakukan, stok bahan pokok masih aman dan harga bahan pokok masih stabil jelang Ramadan," katanya pada Minggu, 3 Maret 2024.

Lanjut dia, kegiatan pengecekan tersebut akan rutin dilakukan sebagai langkah awal untuk pencegahan dan menjamin ketersediaan bahan pokok di pasar.

"Kegiatan ini rutin dilakukan untuk memastikan ketersediaan dam kestabilan harga pangan. Supaya masih bisa dijangkau oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pedagang cabai, Alim mengatakan, untuk saat ini harga cabai rawit merah Rp90.000, sebelumnya Rp 40.000 per kilo.

"Cabai merah keriting Rp80.000, normal Rp30.000 per kilo, cabai rawit hijau Rp50.000, sebelumnya Rp30.000 per kilo," ungkapnya.

Tidak hanya cabai, bawang merah juga naik dari Rp30.000 menjadi Rp40.000 per kilogram. Kentang dari Rp12.000 kini menjadi Rp15.000 per kilogram. Tomat dari Rp5.000, kini melambung tinggi menjadi Rp20.000 per kilogram.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal harga beras yang dikabarkan mengalami kenaikan. Menurut dia, jangan memberikan informasi kepada masyarakat sebelum melakukan pengecekan langsung ke pasar-pasar induk.

“Coba dicek, jangan menginformasikan seperti itu ya. Coba dicek di Pasar Induk Cipinang,” kata Jokowi di Mabes TNI Cilangkap pada Rabu, 28 Februari 2024.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Selain itu, Jokowi juga meminta agar melakukan pengecekan beras yang ada di Pasar Johar untuk memastikan apakah ada kenaikan harga atau tidak. Sebab, Jokowi mengaku terus memantau kondisi harga beras di pasar-pasar.

Cek ke Pasar Johar, ini pasar-pasar beras harus dicek, coba dicek, coba kalian datang ke Pasar Cipinang cek harga turun apa naik. Cek di Pasar Johar naik atau tidak, turun atau tidak, cek, sudah turun. Karena harian itu saya cek. Saya itu selalu mendapatkan angka-angka,” ujarnya.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Seafood

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

PT Aruna Jaya Nuswantara (Aruna) optimistis pangsa pasar ekspor komoditas seafood (makanan laut) Indonesia di dunia internasional semakin besar di masa depan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024