PLTU Pacitan Keluarkan Suara Bising, Warga Sudimoro Panik Ketakutan

Pembangkit Listrik Tenaga Uap PLTU Jatim 1 Sudimoro Pacitan
Sumber :
  • tvOne/Agus Wibowo

VIVA – Pembangkit Listrik Tenaga Uap PLTU Jatim 1 Sudimoro Pacitan keluarkan suara bising yang sangat keras dan berlangsung cukup lama, terdengar nyaring hingga radius 3 kilometer. Warga Kecamatan Sudimoro sempat mengalami kepanikan berlarian keluar rumah takut ada ancaman bahaya.

Bentrok Kelompok Rontek di Pacitan Meluas: Kendaraan Pemudik Rusak Dilempar Batu

Suratno (46) warga Desa Sumberejo kecamatan Sudimoro menjelaskan suara itu berasal dari salah satu pembangkit listrik di PLTU Jatim 1 Sudimoro.

"Terdengar Suara keras bising di sertai gemuruh, warga panik sampai keluar rumah karena takut terjadi sesuatu yang fatal. Pemukiman kami sangat dekat dengan lokasi. Selain itu suara bising yang cukup keras ini menggangu indera pendengaran warga," ujar Suratno, Jumat, 24 Desember 2021.

Identitas Pemeran Video Mesum di Hutan Pacitan Terkuak, Begini Pengakuannya

PT Pembangkitan Jawa Bali ( PT PJB) selaku pengelola PLTU Jatim 1 Sudimoro Pacitan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas suara gemuruh yang sempat membuat panik. 

General Manager PT PJB  Dwi Juli Harsono mengatakan telah terjadi pecah sambungan pipa steam blowing pada boiler pembangkit unit 1 sehingga menimbulkan suara bising yang terdengar cukup jauh dan mengeluarkan pecahan gasbul perendam pipa tersebut. 

Geopark Gunung Sewu, Bentang Alam Khas Tropis Indonesia yang Diakui UNESCO

Pihaknya meminta maaf jika insiden tersebut mengganggu ketenangan masyarakat. "Kami pastikan tidak ada ancaman berbahaya yang diakibatkan insiden tersebut," katanya 

Dwi mengungkapkan dari insiden tersebut pembangkit listrik unit 1 tidak difungsikan akan tetapi tidak akan ada gangguan terhadap layanan publik dan suply Listrik Jawa Bali. 

"Kami akan lakukan perbaikan terkait kerusakan di sambungan pipa bertekanan tinggi tersebut, suara sudah mereda tinggal menunggu tim investigasi untuk perbaikan," ujarnya. 

Tidak ada korban jiwa atau kerusakan besar lainnya di area PLTU Jatim 1 Sudimoro Pacitan 

Laporan: Agus Wibowo/tvOne Pacitan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya