Omricron Menyebar di 20 Daerah, 4 Ada di Jateng

Tracing dan testing untuk mendeteksi kasus Covid-19 termasuk varian Omicron digencarkan di Jateng.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Kementerian Kesehatan pada Kamis, 27 Januari 2022, telah merilis persebaran kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia. Juru bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, Omicron sudah menyebar di 20 kabupaten/kota di Indonesia dengan jumlah 1.766 kasus.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Dari 20 daerah tersebut, 4 diantaranya ada di Jawa Tengah. Yaitu Kota Semarang, Kabupaten Cilacap, Sukoharjo, dan Pekalongan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelumnya telah meminta agar masyarakat terus melakukan protokol kesehatan, menggiatkan kembali Jogo Tonggo, dan tidak meremehkan omicron meski banyak yang sembuh. Ia mendukung langkah pemerintah pusat memperpanjang PPKM hingga 31 Januari. PPKM Menurut Ganjar jadi sistem kontrol yang tepat dalam menghadapi sebaran kasus COVID-19 varian Omicron.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Tracing dan testing untuk mendeteksi kasus Covid-19 termasuk varian Omicron digencarkan di Jateng.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

"Memang sistem kontrol itu yang paling baik, kita setuju. Jangan berpikir seolah-olah ini sudah selesai padahal omicron ini sedang ramai-ramainya dan grafiknya mulai meningkat, maka sebenarnya kendali PPKM memang penting. Maka yang saya katakan ini wake up call, ada loncengnya lho ini semua siaga lho," kata Ganjar di sela kegiatan dinasnya.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Ganjar mengatakan dengan perpanjangan PPKM ini masyarakat yang semula merasa, dan beranggapan bahwa COVID-19 sudah landai untuk kembali waspada.

"Bergerilya terutama untuk mengingatkan kembali masyarakat tentang protokol kesehatan. Serta percepatan vaksin, dengan prioritas anak usia 6-11 tahun, para lansia dan orang dengan komorbid," imbaunya.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya