Ada Orang Tua Murid di Solok Selatan Tolak Anaknya Divaksin

Sentra Vaksin ANTV tvOne/ilustrasi vaksin anak.
Sumber :
  • ANTV

VIVA – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Yeni Efrianti, mengatakan bahwa ada orang tua murid yang menolak anaknya disuntik vaksin COVID-19.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

"Pergerakan vaksin anak 6-11 tahun memang agak lambat dan kendala di lapangan karena adanya penolakan dari beberapa orang tua siswa," katanya di Padang Aro, Rabu, 9 Februari 2022.

Seharusnya, kata dia, kepala sekolah yang menyosialisasikan kepada orang tua murid terkait vaksin anak 6-11 tahun agar tidak ada penolakan orang tua.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Dinas Kesehatan sudah menyosialisasikan vaksin COVID-19 untuk anak 6-11 tahun kepada seluruh kepala sekolah sebelum launching dan seterusnya tugas kepala sekolah beserta guru untuk meyakinkan orang tua murid.

Jadwal penyuntikan vaksin COVID-19 bagi anak 6-11 tahun, dia menyarankan, seharusnya datang dari sekolah, setelah itu petugas vaksinasi mendatangi mereka.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Kami masih menunggu jadwal dari sekolah untuk melakukan vaksinasi tetapi petugas Puskesmas sekarang masih melakukan vaksinasi," ujarnya.

Ilustrasi siswa vaksin COVID

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

Dia mengatakan, sejak launching, pada Sabtu, capaian vaksin anak 6-11 tahun di Solok Selatan baru 892 orang atau 4,23 persen dari sasaran yang mencapai 21.091 orang. Di Kecamatan Sangir Jujuan belum ada sekolah yang melakukan vaksinasi COVID-19 bagi anak 6-11 tahun.

Sedangkan di Kecamatan Sangir, yang merupakan ibu kota kabupaten, dan jumlah sekolah paling banyak baru SD Negeri 03 Liki yang menjadi lokasi launching yang melaksanakan vaksinasi.

Dia menambahkan, vaksinasi untuk umum di Kabupaten Solok Selatan dosis satu mencapai 108.953 orang atau 75,69 persen dari target 143.956 orang. Sedangkan dosis dua telah 81.329 orang atau 56,50 persen dari target dan dosis tiga 608 orang. (ant)

https://www.youtube.com/watch?v=BO7hfdoVrvA&t=16s

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya