Kota Tangerang Akan Kawal Percepatan Vaksinasi Dosis Kedua dan Booster

Proses vaksinasi COVID-19 di Kota Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/ Sherly.

VIVA - Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Kosasih, memastikan seluruh unsur penyelenggara negara baik di legislatif maupun di pemerintah daerah Kota Tangerang akan mengawal percepatan vaksinasi dosis kedua maupun vaksinasi booster kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Suasana di lokasi vaksinasi usai terjadi kerumunan, di Cimone, Kota Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Akselerasi Vaksinasi Dosis Kedua dan Booster

Lebih Rendah dari Sebelum Pandemi, BPS Catat Pengangguran di Indonesia Turun Jadi 7,2 Juta Orang

“Kita DPR D bersama seluruh elemen pemerintah daerah dan masyarakat Kota Tangerang, siap mengakselerasi vaksinasi dosis kedua dan booster, sesuai arahan Menko Perekonomian sekaligus selaku Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), bapak Airlangga Hartarto,” kata Kosasih saat dihubungi wartawan, Rabu, 16 Februari 2022.

Kosasih mengaku terus memantau perkembangan COVID-19 di Kota Tangerang yang hingga saat ini masih dalam status PPKM level 3, untuk menghindari naiknya reproduksi kasus efektif COVID-19 di wilayahnya.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Baca juga: Kemenkes: 68 Persen Pasien COVID-19 Wafat karena Belum Vaksin Lengkap

Tekan Sebaran COVID-19

Kosasih mengatakan pihaknya bersama pemerintah daerah dan Forkopinda Kota Tangerang, memiliki pandangan yang sama untuk menekan angka sebaran COVID-19, khususnya menghindari RT COVID-19.

“Kita harus waspada, jika angka reproduksi lebih tinggi dari satu, maka jumlah kasus COVID-19 otomastis meningkat secara signifikan seperti bola salju yang bergulir,” kata Kosasih.

Namun, jika angkanya lebih rendah, lanjut politisi Golkar ini, sebaran COVID-19 lama-kelamaan akan menghilang karena tidak banyak orang baru yang tertular.

DPRD Kota Tangerang memastikan telah mempersiapkan seluruh infrastruktur untuk menunjang percepatan vaksinasi kedua dan vaksin booster kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang.

Satgas COVID-19 Kota Tangerang yang terdiri dari berbagai unsur penyelenggara negara dan masyarakat, lanjut Kosasih, akan bekerja extra ordinary untuk memastikan berjalannya PPKM level 3 di wilayah Kota Tangerang, sebagai upaya menjaga RT COVID-19 di bawah angka 1 bahkan nol.

“Inilah alasan mengapa pemerintah memberlakukan PPKM agar orang-orang tidak saling berdekatan sehingga memotong kemampuan virus untuk menyebar,” kata Kosasih.

Sebelumnya, menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan angka reproduksi kasus efektif (RT) COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan.

"Sepekan terakhir ini RT COVID-19 naik lebih tinggi menjadi 1,13 dan terkait kenaikan di seluruh pulau," kata Airlangga dalam keterangan pers evaluasi PPKM.

Sesuai arahan presiden, pemerintah kata Airlangga, akan terus mengakselerasi vaksinasi terutama untuk vaksinasi dosis kedua maupun vaksinasi booster.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya