Kepala Otorita IKN Akan Diumumkan Jokowi Bulan Depan

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong, membantah terkait pernyataan Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim yang menyebut Presiden Jokowi telah menentukan nama Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN.

Menunggu Diresmikan Jokowi dan Elon Musk, Ini Keistimewaan Starlink

Menurut Wandy, sampai dengan saat ini Presiden Jokowi belum menentukan siapa yang akan dipilih sebagai Kepala Otorita IKN tersebut.

Wandy mengatakan, penentuan itu sepenuhnya ada di tangan Presiden Jokowi. Karena posisi Kepala Otorita IKN itu setingkat dengan Menteri, sehingga keputusan memilih siapa yang akan jadi Kepala Otorita mutlak hak Jokowi.

Elon Musk Jangan PHP Indonesia Lagi

"Karena ini jabatan setingkat menteri, jadi seperti biasanya pemilihan menteri. Tapi tentu Presiden akan menerima masukan dari berbagai pihak," kata Wandy kepada wartawan, Jumat 18 Februari 2022.

Maket dari pemenang desain Ibu Kota Negara Baru.

Photo :
  • VIVAnews/Fikri Halim
Jokowi Instruksikan Puluhan Ribu Kontainer yang Nyangkut di Pelabuhan Segera Dikeluarkan

Sejauh ini, beberapa nama tokoh nasional muncul dan dikabarkan akan dipilih menjadi Kepala Otorita IKN. Di antaranya adalah Basuki Tjahaja Purnama, Tri Rismaharani, Ridwan Kamil, Azwar Anas dan sejumlah tokoh lainnya.

Menurut Wandy, nama-nama yang belakangan beredar memiliki potensi menjadi Kepala Otorita IKN. Masyarakat diharapkan bersabar menunggu keputusan Jokowi.

"Ya semua nama yang beredar selama ini bisa saja terpilih. Tapi lagi-lagi ini hak prerogatif Presiden," ujarnya

Wandy sedikit memberikan keterangan mengenai kapan Jokowi akan mengumumkan Kepala Otorita PKN tersebut. Menurutnya, sosok itu akan diumumkan pada setelah Perpres Otorita IKN terbit yang diperkirakan akan dilaksanakan bulan depan, di Maret atau April.

"Kalau nggak berbarengan, setelah Perpres Otorita terbit, (Sekitar Maret atau April)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya