Jokowi: MA Harus Beri Efek Jera Bagi Koruptor dan Mafia Hukum

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Sidang Istimewa Mahkamah Agung (MA) secara virtual dari Istana Negara Jakarta. Jokowi menyampaikan pentingnya peran MA dalam sejumlah transformasi yang tengah dilakukan Indonesia.

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Dia menekankan, MA harus mampu menghadirkan kepastian hukum yang memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat. MA juga harus mampu memberikan hukuman yang menimbulkan efek jera bagi para koruptor.

Menurut Jokowi, MA dalam posisi sebagai pengawal keadilan yang sangat krusial dalam mendukung transformasi Indonesia.

Temui Jokowi, CEO Microsoft Komitmen Kembangkan Bisnis Teknologi di Indonesia

"Yang memberikan kepastian hukum yang berkeadilan bagi para pelaku usaha dan investor yang melindungi aset-aset negara. Dan, aset-aset publik lainnya serta memberikan efek jera bagi koruptor dan mafia-mafia hukum yang menciderai rasa keadilan," kata Jokowi, Selasa 22 Februari 2022.

Gedung Mahkamah Agung

Photo :
  • ANTARA FOTO
Petinggi PKS: Jadi Oposisi Enggak Ada Masalah, Koalisi Siap

Jokowi menambahkan, MA harus mampu menerapkan model-model alternatif dalam penyelesaian perkara seperti misalnya restorative justice. Dengan demikian, diharapkan bisa mengurangi beban pengadilan.

"Mengedepankan mediasi sebagai alternatif penyelesaian sengketa perdata, mengedepankan restorative justice untuk perkara pidana. Serta proses dialog yang melibatkan pelaku, korban dan pihak terkait secara profesional, transparan dan akuntabel agar penegakan hukum yang berkeadilan dapat terwujud," lanjut eks Gubernur Jakarta itu.

Jokowi berharap, MA terus melakukan upaya-upaya strategis dalam mengurangi hambatan-hambatan hukum untuk percepatan pembangunan ekonomi. Hal ini antara lain melalui percepatan penanganan perkara perdata melalui mekanisme gugatan sederhana.

Kemudian, mendorong konsistensi putusan serta melakukan reformasi pelaksanaan putusan. 

"Kami juga berharap agar Mahkamah Agung tetap konsisten dalam memperkuat akses keadilan bagi kelompok rentan yaitu perempuan, anak dan penyandang disabilitas melalui penguatan peraturan. Layanan dan akses disabilitas di setiap lini pengadilan," ujar Jokowi.

Bagi dia, jika MA bisa menegakan hukum secara efektif maka akan berkontribusi mewujudkan kesejahteraan dan kestabilan sosial. Selain itu, bisa memperkuat sistem demokrasi dan mempercepat transformasi menuju Indonesia maju yang dicita-citakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya