Kasus Penodaan Agama Pendeta Saifuddin Ibrahim Naik Penyidikan

Pendeta Saifudin Ibrahim
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA - Kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian yang dilakukan pendeta Saifuddin Ibrahim naik statusnya dari penyelidikan ke penyidikan. Hal tersebut diungkap langsung oleh Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

Dugaan Penistaan Agama, Polisi Diminta Tangkap dan Tahan Pendeta Gilbert

Viral video pendeta Saifudin Ibrahim

Photo :
  • YouTube NU Garis Lurus

"Penyidik Bareskrim Polri menaikkan status penanganan perkara dugaan penistaan agama dan ujaran kebencian yang menyeret Pendeta Saifuddin Ibrahim ke tingkat penyidikan," kata dia kepada wartawan, Rabu, 23 Maret 2022.

Mulia Banget! Usai Belajar Islam, Pendeta Brian Siawarta Ingin Layani Umat Muslim

Ada Unsur Pidana

Dengan naiknya status kasus ini, maka Korps Bhayangkara mendapati adanya unsur pidana di balik kasus tersebut. Polri sendiri saat ini masih mencari sosok tersangka dalam kasus ini.

Dapat Kritik Lantaran Pendeta Ikut Bertinju, Begini Respons Tak Terduga Brian Siawarta

Baca juga: Ustaz Yusuf Martak Polisikan Saifuddin Ibrahim Terkait Penodaan Agama

Untuk diketahui ada dua laporan terhadap dia. Pertama laporan polisi Nomor: LP/B/0133/III/2022/SPKT Bareskrim Polri tertanggal 18 Maret 2022 dengan pelapor Rieke Vera Routinsulu.

Kedua adalah laporan yang dibuat oleh Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Ustaz Yusuf Muhammad Martak dengan nomor LP/B/0138/III/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI, tanggal 22 Maret 2022.

Mahfud MD Minta Polisi Usut Kasus Ini

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, meminta Polri agar mengusut pria yang mengaku pendeta bernama Saifuddin Ibrahim. Pria itu ingin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghapus 300 ayat di dalam Alquran.

Mahfud menegaskan Saifuddin sudah membuat gaduh dan memantik kemarahan banyak orang. Dia juga menyinggung kabar akun media sosial Saifuddin yang juga belum ditutup.

“Waduh, itu bikin gaduh, bikin banyak orang marah. Oleh sebab itu, saya minta kepolisian segera menyelidiki itu dan kalau bisa segera ditutup akunnya, karena kabarnya belum ditutup sampai sekarang," kata Mahfud dalam YouTube Kemenko Polhukam yang dikutip pada Rabu, 17 Maret 2022.

Penistaan Terhadap Islam

Dia menyoroti ucapan Saifuddin diduga menistakan agama karena membawa 300 ayat Alquran agar dihapus. Menurutnya, yang bersangkutan diduga menafsirkan atau memprovokasi antar umat beragama dengan pernyataannya.

"Ajaran pokok di dalam Islam itu, Alquran ayatnya 6.666, tidak boleh dikurangi. Misalnya disuruh dicabut 300, itu berarti penistaan terhadap Islam," kata Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya