Kolaborasi Percepatan Vaksinasi Tingkatkan Herd Immunity di Sulsel

BIN daerah Sulawesi Selatan menggelar vaksinasi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Selatan (Binda Sulsel) menggandeng berbagai lembaga dan organisasi untuk mempercepat vaksinasi di wilayah Sulsel. Kerjasama percepatan vaksinasi ini dijadikan agenda bersama dalam wadah Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) yang terdiri dari Pemerintah Kota Palopo, Kodim 1403 Palopo, dan Polres Palopo.

Usut Kasus Pencucian Uang SYL, KPK Sita Rumah Mewah di Parepare Sulsel

Salah satu lokasi yang dipilih untuk kegiatan vaksinasi adalah Tribun Lapangan Pancasila Kota Palopo, Jumat, 1 April, menyasar 500 masyarakat umum untuk vaksinasi hingga dosis booster.

Kabinda Sulsel Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo mengatakan, percepatan vaksinasi di Sulsel harus terus dilakukan untuk membentuk dan meningkatkan kualitas kekebalan komunitas masyarakat dari penularan virus Covid-19, sehingga aktivitas perekonomian, sosial kemasyarakatan, pendidikan hingga keagamaan bisa terus pulih.

Ketua KIP Sebut BIN Tak Perlu Keterbukaan Informasi Publik, Ini Alasannya

Sementara Sekda Kota Palopo, Firmanza DP, mengatakan vaksinasi massal ini merupakan wujud sinergi kuat  Binda Sulsel, Pemkot Palopo, Kodim 1403 Palopo dan Polres Palopo sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat kota Palopo dalam rangka meningkatkan imunitas di masa pandemi.

“Insya Allah kalau kita sudah divaksin lengkap, imunitas kita akan kuat dan tahan dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19,” kata Firmanza dikutip, Sabtu, 2 April 2022.

Cakupannya Menurun, Kemenkes Imbau Lengkapi Vaksinasi Anak-anak hingga Orang Dewasa

Sementara itu, Kapolres Kota Palopo, AKBP Muh. Yusuf Usman mengatakan vaksinasi massal dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Kegiatan itu juga untuk meningkatkan imunitas, agar kebal dan kuat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

“Kegiatan kali ini terlaksana berkat kerja sama atas semua stakeholder di Kota Palopo untuk melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi lengkap, baik dosis I , dosis II maupun vaksin booster,” tutur Yusuf.

Lanjut Yusuf, dengan adanya vaksinasi ini, penyebaran virus Covid-19 di Kota Palopo akan sirna. Begitu juga dengan status dari pandemi akan berubah menjadi endemi.

“Harapan kami dari Polres dan Forkopimda Palopo untuk dapat selalu menjaga protokol kesehatan, meskipun saat ini tren kenaikan hampir tidak ada dan saat ini kita tinggal 3 orang yang terpapar Covid-19 dan mudah mudahan Kota Palopo terbebas dari Covid-19,” harapnya.

Selain melaksanakan vaksinasi massal untuk masyarakat. Binda Sulsel, bersama Pemkot Palopo, Kodim 1403 Palopo dan Polres Palopo memberikan bantuan sembako untuk masyarakat.

Dalam kegiatan vaksinasi massal ini, turut hadir beberapa pejabat lain. Seperti, Danramil Wara Kapten Inf. Sukardi, Kasat Intel Polres Palopo AKP Petrus Sandale, Asisten I Kota Palopo Muh. Ihsan Asharuddin, Kadis Lingkungan Hidup Kota Palopo Siti Badariah, dan Kadis Ketahanan Pangan Tirmidzi.

Baca juga: Ganjar Dorong Percepatan Vaksinasi Booster di Bulan Ramadhan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya