Logo BBC

Demo 11 April: Perang tagar #MahasiswaBergerak dan #SayaBersamaJokowi

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Perang opini terjadi di media sosial Twitter berwujud tagar #MahasiswaBergerak versus #SayaBersamaJokowi menjelang aksi demonstrasi mahasiswa yang mendesak Presiden Joko Widodo menolak wacana perpanjangan jabatan atau penundaan pemilu, di Jakarta pada Senin (11/04).

Kemunculan kedua tagar itu berlangsung seiring dengan rangkaian demonstrasi mahasiswa pada awal April 2022 di beberapa daerah guna menentang wacaran penundaan pemilu seperti di Makassar, Kediri, Palembang, Bogor, Semarang, dan wilayah lainnya.

Berdasarkan sistem monitor media sosial Drone Emprit, kedua tagar itu mulai muncul dan trending sejak Sabtu (09/04), diawali dengan tagar #MahasiswaBergerak lalu diikuti #SayaBersamaJokowi.

#SayaBersamaJokowi sempat menjadi top trending topik pertama di Indonesia dengan sekitar 136.000 mentions dari 11.700 pengguna, mengalahkan #MahasiswaBergerak sebesar 84.900 mentions dengan 14.900 pengguna.

"Jadi memang ada prakondisi sebelum demo. Sebelumnya 7 April ada klaster yang membentuk #TurunkanJokowi, tapi kemudian turun dan itu bukan dari mahasiswa. Lalu muncul #MahasiswaBergerak dari klaster yang sama. Ini dilawan kontra-narasi oleh kubu mendukung Jokowi #SayaBersamaJokowi," kata Ismail Fahmi dari Drone Emprit, Senin (11/04).

https://twitter.com/ismailfahmi/status/1513088224612130822

Ismail mengatakan, #TurunkanJokowi dibentuk oleh klaster warganet yang selama ini mengidentifikasikan diri sebagai oposisi atau mengkritik pemerintah - sama dengan #SayaBersamaJokowi yang berasal dari akun-akun pro-pemerintahan.

Baca juga: