Pemilik Dilepas, Uang Rp5 M yang Ditemukan di Mojokerto Masih Disita

Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota, AKP Rizki Santoso
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA – Polres Mojokerto Kota terus mendalami temuan dua unit mobil berisi uang Rp5 miliar yang diamankan di exit Tol Mojokerto Barat (Mobar), Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto. Selain mengamankan uang dan mobil, polisi juga mengamankan 6 orang, satu diantaranya adalah JE (29) warga Sidoarjo, yang merupakan pemilik uang.

Pembunuh Wanita Dalam Koper di Cikarang Gasak Rp 43 Juta Punya Korban Buat Biaya Nikah

Dari pemeriksaan dan kroscek, diketahui uang baru pecahan Rp1000, Rp2000, Rp5000 Rp10.000 dan Rp20.000 tersebut merupakan asli.

"Untuk uang baru yang dibawa dalam mobil semua asli, baru keluar dari BI (Bank Indonesia), belum dibongkar masih terdapat segel BI. Menurut keterangan JE, uang baru tersebut didapat dari salah satu Bank di wilayah Bandung, Jawa Barat." kata Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota, AKP Rizki Santoso dikutip dari tvOnenews.com, Kamis, 21 April 2022.

Uang Dibawa Kabur, Jasad Wanita Dalam Koper di Cikarang Sempat Disetubuhi Pelaku

Sementara, terkait 6 orang yang sebelumnya telah diamankan, seluruhnya tidak ditahan karena statusnya masih sebagai saksi.

"Saat itu yang kami amankan 6 orang, dan statusnya masih saksi karena pidananya belum mencukupi. Nanti perkembangan beserta bukti akan kita sampaikan selanjutnya," ujar Rizki.

Alasan Manajer Resto Milik Hotman Paris Bawa Kabur Uang Rp 172 Juta, Kecanduan Judi Online

Dari pemeriksaan sementara, JE mengaku, bahwa uang yang dibawanya ini akan diedarkan di wilayah Jawa Timur melalui jasa penukaran uang yang berada di pinggir-pinggir jalan. Jasa penukaran uang baru kerap muncul saat bulan puasa Ramadhan pada jelang hari raya Idulfitri, mengingat tradisi masyarakat yang membagi-bagikan uang pada hari raya.

"JE ini merupakan pengepul besar pada jasa penukaran uang. Jadi uangnya nanti diedarkan melalui pengecer jasa penukaran uang kecil-kecil," ucap Rizki.

Sebelumnya, patroli Sabhara Polres Mojokerto Kota mengamankan dua mobil yang mengangkut uang Rp 5 miliar, di exit Tol Mojokerto Barat, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto Kamis dini hari, 7 April 2022. Semula petugas menduga jika uang tersebut merupakan uang palsu atau uang dari hasil kejahatan, karena dibawa pada malam hari, sehingga diamankan ke Mapolres Mojokerto Kota.

Baca juga: Kronologi Penemuan Uang Rp5 Miliar di Exit Tol Mojokerto Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya