Pemudik Motor Penuhi Pelabuhan Merak, Begini Trik Polisi

Pemudik Motor padati Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Tangkapan Layar Instagram @netizennkepo

VIVA – Pada puncak mudik ini pemudik motor di Pelabuhan Merak sudah mulai padat sejak pukul 03.00 WIB dini hari Kamis, 28 April 2022, berdasarkan laporan dari website resmi Korlantas Polri. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Para pengendara sepeda motor yang hendak mudik dan menyeberang Pelabuhan Merak tersebut terlihat memadati semua dermaga kecuali dermaga eksekutif. Tenda untuk pemudik motor di Pelabuhan Merak telah disiapkan oleh pengelola pelabuhan untuk antre masuk ke kapal yang terletak di semua dermaga pelabuhan. 

Para pemudik motor di Pelabuhan Merak pun memadati semua tenda yang diperuntukkan bagi sepeda motor. Hingga pukul 05.15 WIB pagi tadi, pemudik motor yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Sumatera masih terus memenuhi Pelabuhan Merak. 

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Pemudik motor mulai padati jalur Pantura Cirebon.

Photo :
  • tvOne-Erfan Septyawan

Pelabuhan Merak juga terlihat semakin ramai oleh pemudik jelang hari H Lebaran 2022. Banyak para pemudik yang memilih untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal agar tidak terkena kemacetan saat puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada H-3 Lebaran.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Karena Pelabuhan Merak yang macet dan dipadati tak hanya oleh pemudik motor saja melainkan juga kendaraan pribadi lainnya yang hendak mudik, maka sistem buka tutup di alur Cikuasa Atas arah Pelabuhan Merak pun diterapkan oleh polisi. 

“Pukul 04.00 lebih kami pihak kepolisian berlakukan sistem buka tutup jalan agar memperlancar lalu lintas ke Pelabuhan Merak. Tentunya kami butuh kerja sama dan pengertian masyarakat karena memang terus mengatur sehingga ada kantong-kantong parkir di Cikuasa Atas,” kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono yang dikutip VIVA dari laman Korlantas Polri pada Kamis, 28 April 2022.

Para pemudik juga diminta oleh pihak kepolisian agar menunggu giliran masuk ke kapal dengan sabar. Hal itu dikarenakan pola yang digunakan dalam sistem buka tutup ini diberlakukan apabila kantong parkir dermaga mukai kosong, sehingga secara bergantian kendaraan yang disekat di Cikuasa Atas akan ditarik menuju pelabuhan.

Untuk menghindari stagnasi arus lalu lintas yang terjadi di jalur arteri menuju pelabuhan, sistem buka tutup ini dianggap efektif dan mampu mengatasi kemacetan di Pelabuhan Merak. Kendaraan yang berasal dari arah Sumatera menuju Jakarta akan dialihkan ke jalur Cikuasa Bawah dengan adanya sistem buka tutup jalan yang diberlakukan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya