Mudik Horor Menuju Pelabuhan Merak

Antrean panjang di menuju Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik Lebaran 2022.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Mudik horor dirasakan oleh masyarakat yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Mereka harus menempuh perjalanan hingga berjam-jam lamanya. 

Cegah Kemacetan, Tol Jakarta-Tangerang Arah Jakarta Berlakukan Contraflow

Bahkan saat sampai di Pelabuhan Merak turun hujan gerimis. Di tol gate khusus sepeda motor tidak disiapkan tenda, sehingga harus kehujanan, tanpa terkecuali anak kecil.

Sri, pemudik asal Bogor, Jawa Barat, dia berangkat Jumat malam, 29 April 2022 pukul 23.00 wib. Baru bisa masuk ke Pelabuhan Merak Sabtu pagi, 30 April 2022, pukul 06.30 wib. Sembari menangis dia berharap, kedua anaknya kuat dan tidak sakit usai menempuh perjalanan jauh dan terkena hujan.

Jelang World Water Forum ke-10, Kabaharkam Polri Pantau Pelabuhan Lembar Lombok

Antrean panjang menuju Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik Lebaran 2022.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

"Sedih (hujan bawa anak kecil enggak ada tenda). Nunggu suami di belakang. Sudah (berangkat) dari jam 23.00 wib malam tadi. Penginnya sih ada tenda harusnya," ujar Sri, sembari menahan tangis dan mengusap kepala sang anak digendongannya, Sabtu 30 April 2022.

Acer Swift Go 14 AI, Mudik Praktis dengan Si Tipis

Cerita lainnya disampaikan Diki Candra, dia berangkat dari Cikarang, Bekasi, Jumat malam, 29 April 2022, sekitar pukul 19.00 wib. Karena terjebak macet, dia baru bisa masuk ke Pelabuhan Merak Sabtu pagi, 30 April 2022, sekitar pukul 06.45 wib.

"Berangkat dari jam 7 malam, Macet parah enggak bisa jalan sama sekali. Kena macet di Tambun, Serang, Cilegon," ujarnya di tempat yang sama, Sabtu 30 April 2022.

Meski tidak merinci, Menko PMK, Muhadjir Effendy, mengaku proses bongkar muat sudah dipercepat. Termasuk kapal hanya boleh mengangkut dari Pelabuhan Merak kemudian menurunkan angkutan di Pelabuhan Bakauheni.

Antrean panjang di menuju Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik Lebaran 2022.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Muhadjir juga meminta masyarakat untuk lebih bersabar selama arus mudik dan balik, kemudian tertib berkendara maupun saat mengantre di pelabuhan.

"Kami sekarang ini berupaya keras untuk mempercepat proses pengangkutannya dan saya akan minta kepada pihak Bakauheni untuk mempercepat, dan akan diperbanyak jumlah kapal yang tidak mengangkut dari sana. Jadi ke sana turunkan dan langsung kembali ke sini," kata Muhadjir, di Pelabuhan Merak, Sabtu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya