Arus Balik, One Way Tol Cipali-Cikampek Mulai Diberlakukan

Ilustrasi-Gerbang Tol Cipali di Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Melonjaknya arus balik lebaran di ruas tol, petugas Kepolisian pada Kamis malam, 5 Mei 2022, mulai memberlakukan one way atau satu arah sejak KM 188 ruas tol Cikopo-Palimanan hingga KM 72 Tol Cikampek-Jakarta. Upaya penerapan one way atau satu arah arus balik lebaran ini mulai dilakukan sekitar pukul 21.30.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arief Budiman mengatakan pemberlakuan one way ini dilakukan setelah melalui pertimbangan petugas di lapangan, dimana volume arus balik kian mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

"Kami berkoordinasi dengan Korlantas Mabes Polri untuk melakukan pemberlakuan sistem one way mulai dari kilometer 188 Palimanan hingga kilometer 72 Cikampek," kata Kombes Pol Arief Budiman.

Polres Majalengka Berhasil Tangkap Pengedar Sabu di Tol Cipali

Menurut Kapolres, arus lalu lintas dari arah Jawa Tengah menuju wilayah barat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang kita update dari Jasa Marga, untuk arus yang melintas dari timur ke barat, rata-rata per jam 3.500 kendaraan.

"Peningkatan ini telah terjadi kurang lebih sejak pukul 13.00 WIB sampai dengan malam ini," ujarnya

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Kapolres belum bisa memastikan sampai kapan rekayasa lalu lintas one way di Tol Cipali hingga Tol Cikampek diberlakukan. Petugas akan menyesuaikan dinamika dan perkembangan lalu lintas di lapangan.

"Penerapan one way sifatnya dinamis. Artinya mengikuti perkembangan arus mulai dari Tol Kalikangkung yang ada Jawa Tengah," imbuhnya

Sebelumnya,rekayasa lalu lintas lawan arus atau contra flow diberlakukan di jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tepatnya di KM 157 sampai 147 dan KM 132 sampai 129, sesuai diskresi pihak Kepolisian.

"Atas diskresi Kepolisian contra flow diberlakukan mulai pukul 17.50 WIB di KM 157 sampai KM 147 dan KM 132 sampai KM 129," kata GM Operasi Astra Tol Cipali Suyitno melalui keterangan yang diterima di Cirebon, Kamis.

Menurutnya, penerapan lawan arus tersebut untuk mengurangi kepadatan yang terjadi di sekitar lokasi, terutama lajur arah Jakarta. "Lawan arus ini diberlakukan untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta," tuturnya.

Ia menambahkan sampai saat ini arus balik kendaraan yang melintas di jalan tol Cipali sudah menunjukkan peningkatan, dibanding sehari sebelumnya.

Bahkan, data sementara pada Kamis, kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan dari pagi hingga siang tercatat 35.890 unit.

"Pada H+2 Lebaran arus lalu lintas terpantau ramai lancar di kedua arah," katanya.

Laporan: Azizi Erfan/tvOne Cirebon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya