Peter Gontha Adukan Pikiran-Rakyat.com, Dewan Pers Gelar Mediasi

Peter F Gontha
Peter F Gontha
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Shalli Syartiqa

VIVA – Mantan komisaris PT Garuda Indonesia Tbk Peter Gontha mengadukan Pikiran-Rakyat.com ke Dewan Pers karena merasa namanya dicemarkan. Peter menyampaikan pengaduan secara langsung dalam mediasi kasus sengketa pers tersebut, lewat sidang yang digelar secara hybrid, Rabu, 24 Februari 2022.

Dilansir dari Siaran Pers Dewan Pers, Jumat, 27 Mei 2022, sidang yang dipimpin oleh Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers Yadi Hendriana dengan didampingi Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro tersebut berlangsung lancar karena pihak pengadu dan teradu kooperatif.

Peter merasa kecewa dengan Pikiran-Rakyat.com yang menulis berita berjudul: "Dugaan Maling Uang Rakyat di Garuda, Peter Gontha Diperiksa Kejagung Terkait Pengadaan AT 72-600".

Akibat berita yang dimuat 5 Februari 2022 tersebut, Peter merasa nama baiknya menjadi rusak. Sebagai pihak pengadu, Peter didampingi kuasa hukumnya Doddy S. Abdulkadir dari MRP Law Office. Sedangkan dari Pikiran-Rakyat.com sebagai teradu menghadirkan langsung Pemimpin Redaksi Dadang Hermawan, didampingi kuasa hukumnya Otang Fharyana SH, MH.

Ilustrasi-Gedung Dewan Pers

Ilustrasi-Gedung Dewan Pers

Photo :
  • VIVA.co.id/Istimewa

Semula, Peter menuliskan kekesalannya melalui media sosial Facebook. Namun atas pertimbangan dan masukan banyak pihak, dia lalu mengirimkan hak jawab. Merasa hak jawabnya tidak proporsional, Peter pun mengadukannya ke Dewan Pers. 

Sebagai orang media karena pernah menjadi anggota kehormatan PWI, ikut membesarkan TVRI, RCTI, dan media grup Lippo, Gontha merasa yakin dan tidak takut untuk menghadap langsung ke Dewan Pers guna meminta keadilan.