Viral Konvoi Atribut Khilafah di Brebes, Begini Reaksi Polda Jateng

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.
Sumber :
  • tvOne/Didit Cordiaz

VIVA – Video konvoi promo khilafatul muslimin di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah viral di media sosial. Video tersebut berisi atribut tegaknya khilafah di Tanah Air.

Crazy Rich Benny Santoso Didesak Maju Pilbup Brebes, Rumahnya Digeruduk Warga

Terkait video viral itu, Polda Jawa Tengah melalui Polres Batang sudah memeriksa sejumlah orang yang dianggap bertanggungjawab atas kegiatan tersebut.

Menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Al-Qudussy menjelaskan ketua dan empat pengurus yang diduga bertanggungjawab atas konvoi tengah diperiksa polisi.

Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

“Saat ini Polres Brebes sedang melaksanakan interogasi terhadap ketua dan empat pengurus yang diduga bertanggungjawab atas konvoi promo khilafatul muslimin,” kata Iqbal Al-Qudussy, di Semarang dikutip pada Selasa, 31 Mei 2022.

Viral Konvoi Pemotor Gunakan Atribut Khilafah di Cawang

Photo :
  • Twitter@miduk17
Satgas Pangan Polri Sidak Gudang Bawang Merah di Brebes, Awasi Penimbunan

Dia menyampaikan interogasi dilakukan untuk mengetahui maksud dan tujuan konvoi. Menurutnya, berdasar informasi awal, konvoi itu dilakukan oleh beberapa orang di Desa Keboledan, Kecamatan Wanasari, Brebes.

“Kami akan mencari data dulu terhadap pengendara yang nampak dalam video tersebut. Setelah data terungkap,  tentunya kami juga akan memanggil mereka,” jelasnya

Pun, ia menyampaikan Polri juga akan memberikan edukasi kepada warga dan kelompok terkait agar tak menyimpang dari Pancasila. Dia menekankan seruan-seruan seperti tegaknya khilafah di Tanah Air tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

“Polri juga akan bekerja sama dengan stakeholder terkait memberikan edukasi kepada mereka agar tidak menyimpang. Bagaimanapun, seruan-seruan seperti tegaknya khilafah di Tanah Air tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang,” ujarnya.

Mencuat video konvoi sejumlah pemotor dengan pakaian hijau putih membawa bendera khilafatul muslimin. Video itu viral di media sosial disebut terjadi di Wanasari, Kabupaten Brebes pada Minggu, 29 Mei 2022.

Laporan: Teguh Sutrisno-tvOne
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya