Puncak Bogor Ramai Wisatawan, Polisi Imbau Waspadai Cuaca Buruk

Situasi lalu lintas di Bogor.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Kepolisian lalu lintas menerapkan ganjil genap dalam mengatur ramainya arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, pada libur 1 Juni Hari Lahir Pancasila. Kepolisian mengimbau agar wisatawan mematuhi aturan lalu lintas dan waspada terhadap bencana akibat cuaca buruk. 

Ini Ukuran Kaca Film Mobil yang Direkomendasikan untuk Cuaca Indonesia

"Arus yang menuju Puncak masih normal dan dibelakang ada terjadi antrean imbas pelaksanaan dari kita menerapkan ganjil genap. Yang mana kita laksanakan mulai dari tadi pagi bergabung besama gugus tugas kabupaten Bogor," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana di Gadog, Rabu 1 Juni 2022.

Curug Panjang Megamendung

Photo :
  • Tangkapan Layar
Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

Ketut mengatakan, setelah melalui titik Gadog, petugas juga mengatur arus lalu lintas lokasi titik sepanjang Jalur Puncak seperti di Pasir Muncang, Megamendung, dan Pasar Cisarua.

"Masih lancar sehingga kita saat ini sedang mengisi arus menuju ke arah Puncak," jelas Ketut.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Mengenai rekayasa lalu lintas pada siang hingga sore hari nanti, kepolisian menerapkan kebijakan pengaturan arus dengan memberlakukan oneway.

"Untuk rekayasa lalu lintas kita laksanakan, yang pertama apabila ada kepadatan arus yang menuju ke Jakarta atau pun Puncak dibandingkan dengan sebaliknya itu akan kita laksanakan rekayasa lalu lintas berupaya oneway," kata Ketut

Namun, Satlatas Polres Bogor mengantisipasi kendaraan yang menginap sejak kemarin sore apabila ada kepadatan menuju ke arah Jakarta akan diberlakukan oneway. Satlantas Polres Bogor mengimbau pertama masyarakat yang menuju ke arah Puncak sesuai dengan plat nomor tanggalnya. Kemudian yang kedua kendaraan dalam kondisi prima.

"Ketiga patuhi aturan lalu lintas, dan yang ke empat perhatikan protokol kesehatan," jelasnya. 

Ketut mengimbau juga agar masyarakat memperhatikan kewaspadaan terhadap cuaca yang mengakibatkan bencana alam. 

"Kami laporkan juga cuaca di jalur Puncak berubah-ubah dari kemarin di siang hari panas di sore hari hujan. Jadi kami mengimbau masyarakat yang menuju ke puncak mematuhi rambu dan jangan berhenti di tengah pohon dan di tebing. Dan saat parkir benar-benar perhatikan sekelilingnya," jelasnya.

Dalam beberapa pekan terakhir hujan disertai petir menerjang wilayah Puncak. Bahkan ada wisatawan yang tewas tersambar petir saat berkemah di Bukit Gayatri. Sementara kemarin, banjir bandang menerjanh pemukiman dan merendam rumah warga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya