Jokowi Ungkap Rahasia Bung Karno Cetuskan Pancasila di Ende

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta rombongan kepresidenan berada di Ende Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tiga hari dalam rangka upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.
Sumber :
  • tvOne/Jo Kenaru

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta rombongan kepresidenan berada di Ende Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tiga hari dalam rangka upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Jokowi Tunda Penerapan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMKM hingga 2026, Ini Pertimbangannya

Sebelum memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Rabu 1 Juni 2022, Presiden Jokowi sempat bersafari ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira kota Ende. 

Selesai memimpin upacara, Presiden dan Iriana Joko Widodo mengunjungi Taman Bung Karno lalu ke Serambi Bung Karno di Biara Santo Yosef kemudian meninjau kampung tenun. Kepala Negara juga mendatangi pemukiman warga untuk berdialog langsung dan membagikan sembako.

Penjelasan Pria yang Nekat Terobos Paspampres untuk Dekati Jokowi

Jokowi dan Iriana, pada Rabu malam, menghabiskan waktu bersama puluhan ribu warga yang datang dari berbagai daerah di Flores untuk menonton acara konser kebangsaan bertajuk "Membumikan Pancasila dari NTT untuk Nusantara" bersama Slank dan Katon Bagaskara di Stadion Marilonga Ende.

Jokowi Kunjungi Tempat Lahirnya Pancasila di NTT.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.
Momen Akrabnya Ibu Negara Iriana dengan Selvi Ananda

Jelang pengujung konser yang berlangsung hingga tengah malam itu, Presiden naik ke panggung untuk menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah dan masyarakat Ende yang telah menerimanya dengan penuh kehangatan.

"Pertama-tama, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khususnya masyarakat Ende, yang telah menerima saya Ibu Riana dan seluruh rombongan sejak awal datang sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan," kata Jokowi.

Menurutnya, kehangatan warga Ende dan beberapa tokoh yang selalu mendampingi Bung Karno selama empat tahun diasingkan di Ende diyakini ikut mencetuskan pemikiran Bung Karno untuk melahirkan butir-butir Pancasila

"Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende. Karena saya merasa beliau berada dalam sebuah kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," tuturnya.

"Lagi, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Ende, terima kasih," tambah Presiden.

Kunjungan Jokowi ke Ende membuat ribuan warga Kota Pancasila rela melepas rutinitas mereka. Sejak hari pertama kedatangan Presiden pada 31 Mei, ribuan warga sudah menunggu di Bandara hingga di jalan-jalan dalam rute Presiden dan rombongan.

Dari Bandara Haji Hasan Aroboesman Ende Presiden kemudian menaiki helikopter kepresidenan menuju Bandara Turelelo Soa Ngada.

Tiba di Ngada, lautan massa kembali memadati jalanan. Dalam situasi seperti itu Jokowi dan Iriana antusias membalas ucapan selamat datang dari ribuan warga yang berteriak-teriak ingin berpegangan tangan dengan Presiden.

Kedatangan Jokowi ke Kabupaten Ngada untuk sejumlah agenda termasuk mengunjungi Kampus Bambu Turetogo. Rabu sore, Jokowi dan Iriana kembali ke Ende.

Di Sumba Timur

Sesuai jadwal, Kamis pagi, 2 Juni, Presiden dan rombongan akan bertolak ke Bandara Umbu Mehang Kunda, Kabupaten Sumba Timur.

"Hari ketiga di NTT, Presiden akan tinjau pabrik sorgum dan bagikan Bansos," tulis Biro Pers Sekretariat Presiden.

Setibanya di Bandara Umbu Mehang Kunda, Jokowi dan rombongan akan langsung menuju pabrik pengolahan hasil panen tanaman sorghum. Presiden juga diagendakan untuk menanam sekaligus menyaksikan panen sorgum.

Selepas itu, Presiden akan beranjak menuju Pasar Inpres Matawai untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial, antara lain Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang.

Pada siang harin, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat RJ-85 melalui Bandara Umbu Mehang Kunda.

Laporan Jo Kenaru/Ende

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya