Irjen Remigius Lolos Seleksi Calon Anggota Komnas HAM, Ini Kata Polri

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri, Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto dinyatakan lolos seleksi administrasi sebagai calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2022-2027. Namun, lolosnya Remigius tersebut tidak mewakili institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Viral Fortuner Polisi yang Kecelakaan di Tol MBZ Berubah Pelat Nomornya

"Tidak (mewakili Polri). Beliau mendaftar secara personal," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi pada Jumat, 3 Juni 2022.

Menurut dia, Remigius hendak memasuki masa purna tugas sehingga keikutsertaannya sebagai calon Anggota Komnas HAM bukan mewakili Polri. Rencananya, Remigius masuk pensiun pada 2022.

Polri Sita Hampir Rp 500 M Aset Jaringan Gembong Narkoba Fredy Pratama

Sehingga, kata Dedi, Remigius seperti peserta lainnya yakni mengikuti seleksi sesuai dengan persyaratan administrasi yang ditentukan oleh panitia seleksi (pansel) calon anggota Komnas HAM.

“Kebetulan yang bersangkutan akan memasuki masa purna tahun ini. Kalau sudah purna, berarti sudah tidak terikat regulasi internal,” jelas dia.

Polri Gandeng 3 Negara Buru Gembong Narkoba Fredy Pratama

Beredar pengumuman peserta lolos seleksi calon anggota Komisi Komnas HAM periode 2022-2027, yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 Makarim Wibisono pada 18 April 2022.

Dalam surat tersebut, ada 96 orang yang lolos seleksi administrasi, salah satunya Irjen Remigius. Selain itu, beberapa Komisioner Komnas HAM incumbent atau petahana yakni Beka Ulung Hapsara dan Amiruddin Al Rahab.

Peserta yang lolos seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahapan tes tertulis obyektif dan penulisan makalah. Kemudian dialog publik, psikotes, tes kesehatan, dan wawancara.

Baca juga: Polri Tegaskan Yellow Notice Tetap Berlaku Hingga Eril Ditemukan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya