Pesawat Sam Air Ditembak KKB di Papua, Kapten Pilot Terluka

Pesawat Sam Air yang ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat berada di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa, 7 Juni 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Pesawat Sam Air dengan kode penerbangan PK-SMG, Selasa siang, 7 Juni 2022, ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat berada di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Saksi Sebut Stafsus SYL Minta Dana Sembako ke Kementan Hampir Rp2 M

Kepala Polres Nduga AKBP Komang Budhiarta, Selasa, membenarkan terjadinya penembakan terhadap pesawat milik Sam Air saat berada di Bandara Kenyam. "Pesawat tersebut ditembaki saat berada di Bandara Kenyam yang tiba dari Wamena dengan membawa sembako," katanya.

Pesawat saat itu sebenarnya sudah parkir di bandara, namun dari arah Alguru atau Kali Kenyam, tiba-tiba ada penembakan ke arah pesawat sehingga seluruh awak pesawat menyelamatkan diri.

Bongkar Kecacatan Produksi Boeing 737 Max, 2 Orang Pelapor Tewas Misterius

Pesawat Sam Air

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Komang mengungkapkan terdengar bunyi tembakan sebanyak 15 kali dan peluru yang dilepaskan KKB mengenai beberapa bagian pesawat, antara lain ban depan, tangki bahan bakar, dan dua titik di badan pesawat.

Kesalahan Produksi dan Kritik Diabaikan, Perusahaan Boeing Dalam Ambang Krisis

Kapten pilot M. Farhan Fachri dilaporkan mengalami luka lecet karena terjatuh saat melarikan diri, sedangkan rekannya kopilot Reza Ariestha Ragainaga tidak mengalami cedera. Kedua awak pesawat sudah diterbangkan ke Timika setelah dijemput pesawat milik Sam Air.

Komang mengungkapkan selain menghujani pesawat Sam Air dengan peluru, KKB pimpinan Egianus Kogoya juga menembak kendaraan yang berada di sekitar bandara sebelum mereka melarikan diri ke hutan setelah anggota TNI dan Polri balas menembak KKB. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya