Dua Tahun Menanti, Momen Haru 136 Jemaah Haji KBIHU Al Azhar

Jemaah Calon Haji Kelompok Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al Azhar Bekasi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Penantian dua tahun lamanya untuk bisa berangkat ke Tanah Suci sebagai jemaah calon haji (CJH), akhirnya terwujud sudah. Bahkan sampai meneteskan air mata. Itulah yang dialami mereka dari Kelompok Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al Azhar Bekasi.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Kelompok yang memiliki slogan “Melayani sepenuh hati menggapai haji mabrur,”, memberangkatkan 136 jemaah asal Kota Bekasi Jawa Barat. Demikan disampaikan Muhammad Syafiudin, Ketua Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai (YW AMJP) pengelola KBIHU Al Azhar Bekasi, ketika melepas para jemaah.

“Tahun ini, insya Allah KBIHU Al Azhar Bekasi akan melepas sebanyak 136 jamaah asal Kota Bekasi,” kata Syafiudin, dalam keterangannya dikutip Rabu 8 Juni 2022. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Jemaah yang berangkat beragam. Dari usia 42 tahun hingga 64 tahun. Mereka menggunakan dresscode batik haji nasional. Yakni batik hijau, tas selempang hitam serta melingkar syal biru di kerah baju sebagai identitas penanda rombongan. 

Ada 52 orang jamaah pria dan 84 jamaah perempuan, yang dilepas secara resmi di Masjid Jami Al Azhar. Keberangkatan para jemaah pada Sabtu lalu itu, diiringi suasana haru dan juga romantis. Karena para tamu harus melepas jemaah untuk ke Tanah Suci di Arab Saudi.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

“Jamaah mestinya berjumlah 280 orang dan berangkat di tahun 2020. Namun terpangkas banyak kemudian terkait dengan regulasi pihak Arab Saudi, bahwa jamaah yang diizinkan melaksanakan ibadah haji di tahun ini adalah jamaah yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap. Tentu dengan jenis vaksin yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi,” Kata Muhammad Rifki, Ketua KBIHU Al Azhar Bekasi dalam keterangan tertulisnya. 

Jemaah haji dibagi menjadi beberapa kelompok rombongan. Dimana setiap rombongan dipimpin Kepala Rombongan (Karom). Ada rombongan 1 dengan jumlah 34 jamaah dan disi petugas kloter 6 orang, rombongan 2, 41 jamaah, rombongan 3, 41 jamaah, lalu rombongan 4 berisi 20 jamaah. 

“Petugas Amiru Safar (ketua perjalanan) tahun ini dipimpin Pak Abdullah Rifai. Hari ini jamaah kita sudah tiba di Madinah, akan melaksanakan kegiatan ibadah arbain selama 9 hari, lanjut berangkat menuju Mekkah untuk pelaksanaan ibadah haji. Mohon doa dan restunya agar jamaah kita senantiasa diberi kelancaran beribadah, menggapai haji mabrur serta kembali ke Tanah Air 18 Juli mendatang dalam keadaan sehat bugar,” jelas Rifki.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya