6 Fakta Lokasi Pemakaman Eril, Alam yang Indah di Kampung Ibu Cinta

Peti mati dan design makan Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril
Sumber :
  • Instagram @ridwankamil

VIVA – Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril telah ditemukan setelah menghilang selama lebih dari 14 hari di Sungai Aare, Bern Swiss. Sempat memasrahkan kepada Yang Kuasa, keluarga Ridwan Kamil sudah lega karena saat ini jasad sang anak sudah ditemukan dan akan dimakamkan. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Pihak keluarga pun sudah menyiapkan pemakaman untuk Eril yang berada di komplek pemakaman keluarga yang berada di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sang ayah, Ridwan Kamil sendiri yang mendesain lokasi tempat peristirahatan terakhir Eril. Nah, berikut adalah fakta pemakaman Eril yang berada di Kabupaten Bandung. 

1. Dikebumikan di Samping Masjid

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Diketahui makam Eril berada langsung di sebelah masjid yang akan dibangun sekaligus didesain langsung oleh Ridwan Kamil. Desain pemakaman Eril dibagikan oleh Kang Emil di media sosial pribadinya. Masjid yang indah tersebut kemudian diberi nama bagian dari Eril, yaitu Al Mumtadz. Ridwan Kamil memanggil Eril dengan sebutan sayang. 

"Dear Eril, sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah," tulis Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya seperti dikutip VIVA pada Senin, 13 Juni 2022. 

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

2. Masjid Al Mumtadz

Masjid yang dirancang langsung oleh Ridwan kamil berada tepat di daerah pedesaan yang sangat indah dengan suasana alam yang sangat memesona sebagai daya tarik tersendiri untuk setiap orang yang datang. Di sebelah masjid ini ada sebuah sungai kecil dengan pemandangan pegunungan dan sawah yang akan membuat orang datang ke sini merasa tenang dan damai.

3. Arti Kata Al Mumtadz

Nama Al Mumtadz ini diambil dari nama anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang baru saja meninggal dunia karena hanyut dan tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss. Arti dari nama tersebut adalah yang terbaik. 

Selain mengatakan nama masjid yang diambil dari nama Eril, arti dari kata Mumtadz ini sendiri sangat penting bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, mempunyai makna yang terbaik. Kata Mumtadz juga sering dijadikan pilihan nama anak laki-laki karena mempunyai arti yang bagus. 

4. Lokasi Pemakaman Berada di Kampung Halaman Atalia Praratya

Keistimewaan lagi dari lokasi pemakaman Eril ini berada di kampung halaman sang ibu, Atalia Praratya, tepatnya di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung. Hal ini juga dibagikan oleh Ridwan Kamil lewat akun media sosial pribadinya. Selain mengunggah desain kawasan pemakaman, Kang Emil memastikan bila kawasan tersebut sangat istimewa untuk Eril. 

"Dear Eril, rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz," lanjut Ridwan Kamil.

5. Terhampar Sawah dan Gunung

Lahan milik keluarga ini hanya memiliki jarak 5 kilometer dari Alun-alun Banjaran dan tidak jauh dari objek wisata Gunung Puntang. Tampak pula ada lahan parkir yang rencananya akan dipakai untuk tamu yang melayat. 

Sementara itu, di depan area pemakaman Eril, terhampar pemandangan sawah dan gunung. Letak lahan pemakaman Eril berada di titik paling bawah yang tidak jauh dari pondasi yang rencananya akan dibangun sebuah masjid. 

6. Warga Boleh Berziarah

Diketahui bahwa warga juga diperbolehkan untuk mendoakan atau ziarah kubur secara langsung di pemakaman Eril setelah prosesi atau acara pemakaman selesai dilaksanakan. Lokasi pemakaman ini akan dibuka untuk masyarakat sampai sebelum Maghrib pukul 17.45 WIB. Sementara pada Selasa-Minggu dibuka pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya