Kementan Siapkan 3 Juta Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri.
Sumber :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

VIVA – Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri, mengatakan pemerintah mempersiapkan anggaran untuk mengadakan jutaan vaksin dalam rangka pengendalian dan penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak.

Lindungi Anak Dari Bahaya Penyakit Menular! Ketahui Jenis Imunisasi yang Tepat

“Pemerintah akan mempersiapkan anggaran untuk mengadakan total 3 juta dosis vaksin PMK,” kata Kuntoro dikutip dari Youtube Kementerian Pertanian pada Senin, 13 Juni 2022.

Saat ini, kata dia, vaksin tahap pertama sudah tiba melalui Bandara Soekarnot-Hatta pada Minggu, 12 Juni 2022. Selanjutnya, akan tiba 800 ribu dosis vaksin penyakit mulut dan kuku dalam beberapa waktu ke depan.

Heran Pembelian Durian Ratusan Juta, SYL Mengaku Keluarganya Tak Suka: Demi Allah Rasulullah

“Dengan tibanya vaksin tersebut, kami ingin sampaikan bahwa vaksinasi perdana secara nasional direncanakan dimulai besok tanggal 14 Juni 2022 sesuai peta sebaran PMK,” jelas dia.

Ilustrasi hewan kurban atau aqiqah

Photo :
  • Ist
Pengacara SYL Sebut Ada Pihak Lain di Kementan Catut Nama Kliennya Demi Keuntungan Pribadi

Sementara, Kuntoro mengatakan pelaksanaan vaksinasi nanti bekerjasama dengan posko-posko tanggap darurat di daerah. Adapun, peruntukannya diprioritaskan untuk hewan sehat dan berisiko tinggi tertular yang ada di sumber pembibitan ternak.

“Kementerian Pertanian juga tengah mempersiapkan vaksin lokal yang diprediksi selesai pada akhir Agustus 2022,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya