Dikabarkan Jadi Wamen ATR, Ini Profil Raja Juli Antoni Politikus PSI

Raja Juli Antoni
Sumber :
  • instagram.com/rajaantoni

VIVA – Profil Raja Juli Antoni ramai dibicarakan setelah isu Reshuffle Kabinet 2022. Isu Reshuffle Kabinet Indonesia Maju membuat perhatian memusat pada sosok-sosok yang dipanggil oleh Presiden Jokowi. Salah satunya ialah Raja Juli Antoni.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Raja Juli Antoni merupakan politikus dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia berkedudukan sebagai Dewan Pembina PSI. 

Lalu, siapakah Raja Juli Antoni? Profil lengkap dari Raja Juli Antoni terlampir dalam laman rajajuliantoni.com. Di sana kamu akan menemukan informasi profil Raja Juli Antoni.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni

Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana

Raja Juli Antoni lahir di Pekanbaru pada 13 Juli 1977. Dalam segi pendidikan, Raja Juli Antoni pernah menempuh pendidikan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang sekarang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, ia lulus tahun 2001.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Raja Juli Antoni kemudian melanjutkan pendidikan S2 di The Department of Peace Studies, Bradford University, Inggris. Di sana ia memperoleh beasiswa Chevening Award pada tahun 2004. 

Lanjut studi doktoralnya, ia menggunakan beasiswa dari Australian Development Scholarship (ADS) tahun 2010 di School of Political Science dan International Studies pada Queensland University, Australia. Raja Juli Antoni berhasil mendapat gelar Ph.D.

Dalam perjalanan karir, Raja Juli Antoni pernah menjadi Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPM). Ia juga pernah menjadi Direktur Eksekutif Maarif Institute. Sebelum bergabung dalam PSI, ia pernah tercatat sebagai politisi dari PDI-Perjuangan. Saat itu Raja Juli Antoni menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilihan Umum Legislatif 2009 dari PDIP untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IX (Kabupaten Subang, Sumedang, dan Majalengka). 

Saat mencalonkan sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, ia mengundurkan diri karena ingin konsentrasi sebagai Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Bukan hanya itu, Raja Juli Antoni juga akif menulis di berbagai Media Nasional, yaitu Kompas, Tempo, Republika. 

Isu Reshuffle Kabinet Jokowi yang melibatkan Raja Juli Antoni, menimbulkan banyak pertanyaan dari berbagai pihak. Apakah Raja Juli Antoni atau tokoh lain yang dipanggil Jokowi akan menduduki posisi penting di kabinet?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya