Ridwan Kamil Kembali Ngantor: Jadwal Sedihnya Sudah Lewat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Ridwan Kamil kembali menjalankan aktivitasnya memimpin Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Kang Emil beraktivitas lagi usai masa berkabung atas wafatnya putra sulung Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akibat insiden di sungai Aere, Bern Swiss.

Tinjau TPPAS Lulut Nambo, Sekda Herman Suryatman Sebut Operasionalisasi Diperkirakan Akhir Juni 2024

Emil tampak menghadiri acara wisuda putrinya Camalia Laetitia Azzahra di SMAN 3 Bandung Jawa Barat. Dia memastikan kadar kesedihan pasca meninggalnya Eril sudah menurun.

Dia mengatakan almarhum Eril bukan miliknya. Tapi, kata dia, sudah jadi milik masyarakat.

Bey Machmudin: Kolaborasi Pemdaprov Bersama DPRD Jabar Pastikan PPDB  2024 Adil dan Transparan

"Saya sudah tidak sedih, jadwal sedihnya sudah lewat. Hari ini kami orang tua yang bahagia. Kami menyadari Eril bukan milik kami lagi, sudah menjadi menjadi milik masyarakat. Sampai hari ini, yang menziarahinya banyak sekali," kata Emil, Kamis 16 Juni 2022.

Ridwan Kamil lambaikan tangan kepada masyarakat

Photo :
  • Tangkapan layar
Lantik Pj Bupati Cirebon, Bey Machmudin: Layani Masyarakat dengan Penuh Dedikasi dan Tanpa Pamrih

Ridwan Kamil juga menerangkan soal puisi yang dibuatnya saat pemakaman Eril di Cimaung Kabupaten Bandung. Menurut dia, puisi itu hanya mengingatkan bahwa semua orang pasti akan meninggal dunia. Namun, waktu meninggal yang berbeda-beda.

"Jadi, ananda Eril itu saya kalimatkan sesederhana itu. Semua dari kita akan pulang (meninggal dunia). Jadwalnya (ajal menjemput) beda-beda, tapi tujuannya sama (kembali ke Allah SWT)," katanya.

"Puisi akan saya tulis di kompleks (permakaman) almarhum Eril, 'Siapa yang ingin jadi bunga surga yang indah, diiringi berjuta doa, maka taburlah berjuta benih kebaikan selama di dunia," katanya.

Emil dijadwalkan kembali menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jabar mulai Kamis 16 Juni 2022. Sebelumnya, Ridwan Kamil jalani masa cuti sampai 19 Juni 2022 pasca meninggalnya putra sulung Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akibat insiden di sungai Aere Bern Swiss.

Juru bicara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sekaligus Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Karo Adpim) Pemprov Jawa Barat, Wahyu Wijaya menjelaskan, Gubernur dipastikan akan kembali beraktifitas penuh.

"Bahwa beliau akan berkegiatan secara full mulai Kamis, agenda beliau kembali seperti semula," ujar Wahyu di Bandung, Selasa 14 Juni 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya