Satu Jemaah Haji Kloter 9 Makassar Sempat Tertahan di Imigrasi Jeddah

Paviliun jemaah haji Indonesia di Bandara Jeddah, Arab saudi
Sumber :
  • MCH/Zaky Al Yamani

VIVA – 389 jemaah haji Indonesia Kloter 9 Makassar (UPG) tiba di Bandara KAIA (King Abdulaziz International Airport) Jeddah, Arab Saudi, Sabtu 25 Juni 2022 pukul 16.17 WAS. Satu jemaah sempat tertahan di imigrasi

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Para jemaah yang tiba dengan nomor penerbangan GA1109 kemudian keluar dari Gate D. Para jemaah selanjutnya diarahkan ke Paviliun D3 untuk beristirahat dan melakukan sholat sunnah ihrom.

Selanjutnya, para jemaah meneruskan perjalanan dengan menggunakan bus yang akan membawa mereka ke tempat penginapan di Mekah, Hotel Shafa Al Murjan dan Snood Al Jawarah sebelum melakukan umron.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Sementara itu, satu jemaah sempat mengalami kendala di imigrasi. Jemaah atas nama Murni Andi Baso dianggap bermasalah soal sidik jari. Data dari imigrasi bandara bahwa sidik jari yang bersangkutan pernah menjadi TKW dan melarikan diri dari tuannya pada tahun 2007.

Akan tetapi jemaah tersebut menyangkal bahwa pernah jadi TKW pada tahun 2007. Menurut petugas Linjam Sektor 1 PPIH Daker Bandara, inti permasalahannya ada dua nama dalam satu sidik jari tersebut.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Namun permasalahan ini pada akhirnya terselesaikan di kantor imigrasi oleh pihak Garuda. Selanjutnya jemaah dapat keluar dari imigrasi dan bergabung dengan kloternya menuju pemondokan di Mekah. 

Pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dimulai sejak 19 Juni 2022 dan berakhir pada 3 Juli 2022. Dalam pemberangkatan gelombang kedua, seluruh jemaah mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah.

Para jemaah kemudian melaksanakan umrah wajib dengan mengambil miqat makani sejak di embarkasi atau di dalam pesawat ketika posisi terbang sejajar dengan Qarnul Manazil atau Yalamlam/ di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya