Jalankan Arahan Jokowi ke Prabowo, Kemhan Fokus Industri Pertahanan

Motor listrik militer yang disiapkan Kemenhan dan LEN.
Motor listrik militer yang disiapkan Kemenhan dan LEN.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Pertahanan atau Kemhan serius mengembangkan industri pertahanan yang diproyeksikan untuk membantu operasi militer. Salah satunya mengembangkan motor listrik khusus milter.

Kapuslitbang Alpahan Balitbang Kemhan, Arif Harmanto menyampaikan industri pertahanan karya anak bangsa diharapkan bisa terus melahirkan prestasi terbaiknya. Dia bilang motor tersebut nanti diproyeksikan hingga membantu di medan operasi militer. 

Kata dia, Kendaraan taktikal seperti motor listrik diperlukan untuk mendukung kerja operasi pasukan khusus di jalanan hutan yang terjal dan berkelok. Hal ini menyesuaikan konsep operasi senyap.

Dia mengatakan uji rancangan motor listrik tersebut meurapakan hasil desain anak bangsa yang dikaji serta diuji PT Eltran Indonesia, anak perusahaan Len di Balitbang Kemhan, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Menurut dia, Balitbang punya tugas menyelenggarakan penelitian, pengkajian dan pengembangan strategi dan sistem pertahanan. Selain itu, mendongkrak mutu sumber daya manusia, kemampuan, pendayagunaan industri nasional serta penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan untuk pertahanan negara.
 
"Kami terus mengkaji dalam FGD (fokus group discussion/diskusi terstruktur dengan topik yang ditentukan) ini sebagai sebuah tahapan dalam penelitian pengembangan yang pada prinsipnya Litbang pertahanan ini jadi tujuan utama bagaimana produk Litbang bisa digunakan oleh user," kata Arif, dalam keterangannya, Selasa, 28 Juni 2022.

Dia menambahkan, hasil tersebut selanjutnya dilakukan redesain agar nanti produk akhirnya bisa dipergunakan oleh user dengan sempurna dalam hal ini adalah TNI.